Kamis, 29 Oktober 2020

Nggak Mudik, 5 Cara Atasi Homesick untuk Anak Rantau

Apakah homesick bisa meningkatkan risiko terhadap gangguan psikologis tertentu? Ini atasinya

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Lebaran di rumah aja. (Shutterstock)
Lebaran di rumah aja. (Shutterstock)

Guideku.com - Nggak Mudik, 5 Cara Atasi Homesick untuk Anak Rantau.

Tindak bisa mudik karena pandemi tentu memberikan kesedihan tersendiri untuk anak rantau yang sedang jauh dari kampung halaman. 

Hal ini, menurut Psikolog Klinis Alexandra Gabriella A., M.Psi, C.Ht, C.ESt, bisa menimbulkan kekecewaan, kehilangan harapan, hingga homesick.

"Homesick merupakan perasaan rindu dengan situasi saat di kampung halaman, bisa rindu dengan orangtua, orang-orang sekitar, makanannya, lingkungannya, atau nuansanya. Namun, orang-orang yang homesick ini tidak dialami oleh mereka yang tidak mudik saja,” jelas Alexa melalui siaran pers GueSehat yang Suara.com terima belum lama ini.

Lantas, apakah homesick bisa meningkatkan risiko terhadap gangguan psikologis tertentu? Alexa menjelaskan, homesick dapat menjadi stresor saat seseorang memiliki ekspektasi untuk bisa pulang dan merasakan apa yang biasa dilakukan di kampung halamannya tersebut, namun ekspektasi itu tidak tercapai sehingga timbul rasa kecewa yang bisa menyebabkan frustrasi.

Apalagi, lanjut dia, kalau kondisi ini memang sudah terjadi beberapa minggu secara berturut-turut dan mood atau suasana hatinya sama. Selain itu, orang-orang yang homesick juga bisa mengalami insomnia karena selalu berpikir tidak bisa pulang.

Nah, untuk mengendalikan perasaan homesick tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti dilansir dari Times of India.

1. Bersosialisasi

Langkah pertama untuk keluar dari zona kerinduanmu terhadap suasama rumah adalah memperluas lingkaran pertemananmu.

Namun, di masa sekarang ini, kamu bisa melakukan komunikasi pada keluarga, teman, dan sahabat melalui telepon, video call, atau video conference agar tidak merasa kesepian. Bangunlah juga persahabatan dengan orang lain.

2. Berkonsentrasi pada pekerjaan

Jika kamu seorang mahasiswa, fokuslah kerjakan tugas kuliah saat kamu tidak bisa mudik ke kampung halaman. Semakin kamu sibuk, semakin sedikit rindu yang kamu rasakan. Begitupun kamu yang saat ini sedang work from home (WFH), tak ada salahnya menyibukkan diri dengan pekerjaan.

3. Olahraga, meditasi, atau terlibat dalam kegiatan fisik

Tidak peduli seberapa malas kamu, penting untuk melakukan semacam aktivitas fisik secara teratur. Dari berjalan pagi atau sore hari, hingga berlatih yoga, dan bahkan memulai hari dengan 10 menit sesi meditasi. Apa pun yang membawamu pada kedamaian mental, lakukan.

4. Jadikan tempat tinggalmu saat ini sebagai tempat menyenangkan

Cobalah mendekorasi kamar asrama, bilik kantor, atau apartemen sewaan hingga membuatmu benar-benar bahagia. Karena momen Idulfitri, hiaslah dengan tema ini. Selain itu, kamu juga bisa mengecat dinding dengan warna-warna cerah dan membeli bunga-bunga cantik.

5. Investasikan lebih banyak waktu untuk hobimu

Pertimbangkan untuk melakukan hobimu yang mungkin sejak lama tidak kamu sentuh. Apapun yang membuatmu merasa tertarik, lakukanlah dengan perasaan sukacita. Hobi adalah cara yang bagus untuk menghindari kerinduan dengan rumah. (Dinda Rachmawati)

Terkait

Terkini