Selasa, 20 Oktober 2020

Normal Baru, OYO Luncurkan Program Kualifikasi Sanitized Stay

Program kualifikasi ini membuat mitra OYO harus menerapkan standar baru dalam beroperasi, meminimalisasi kontak fisik antara staf dan konsumen

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
OYO Kotagede Heritage Homestay. (OYOrooms.com)
OYO Kotagede Heritage Homestay. (OYOrooms.com)

Guideku.com - Memasuki new normal, bukan hanya wisata hingga restoran yang memperhatikan protokoler kesehatan. Hotel dan penginapan juga serius sosialisasi. Seperti platform aplikasi menginap OYO Hotels & Homes baru saja meluncurkan program kualifikasi "Sanitized Stay" di Indonesia.

Program tersebut telah diterapkan hampir 200 mitra se-Indonesia dengan tujuan memberikan kenyamanan dan keamanan konsumen dalam menyambut fase normal baru atau the new normal.

Program kualifikasi ini membuat mitra OYO harus menerapkan standar baru dalam beroperasi, meminimalisasi kontak fisik antara staf dan konsumen selama pandemi Covid-19.

"Harapannya ini akan kembali menaikkan gairah bisnis semua mitra OYO, meningkatkan gairah industri hospitality di Indonesia," ujar Country Head Emerging Business OYO Hotels and Homes Indonesia Eko Bramantyo dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/6/2020).

Eko menambahkan, program ini secara bertahap akan diterapkan ke seluruh jaringan OYO se-Indonesia.

Program "Sanitized Stay" bukan hanya diluncurkan di Indonesia, tapi di berbagai wilayah operasional OYO di Asia.

Properti yang telah sesuai dan mengikuti protokol program ini akan mendapatkan label dan logo "Sanitized Stay". Tamu juga dapat mencari properti yang telah mendapatkan kualifikasi tersebut melalui aplikasi.

Country Stock Head OYO Hotels and Homes Indonesia Carlo Ongko menjelaskan, ada beberapa hal yang harus dipatuhi properti dengan kualifikasi "Sanitized Stay".

Pertama, lingkungan harus dijaga tetap higienis. Desinfeksi dilakukan secara rutin di semua kamar dan area umum hotel yang sering disentuh seperti gagang pintu dan kunci pintu, serta menempatkan hand sanitizer di area publik di hotel seperti resepsionis.

Selain itu, staf akan dibekali dengan masker dan sarung tangan untuk melindungi diri. Mereka juga diberi pelatihan terkait protokol kesehatan dan keselamatan selama pandemi.

Tamu pun diminta untuk memakai masker. Pembersih tangan seperti hand sanitizer tersedia di area-area publik penginapan.

Pembatasan jarak fisik akan diterapkan di lingkungan hotel, begitu pula kontak fisik yang diminimalisasi sebisa mungkin. Proses yang tadinya bisa dilakukan secara tatap muka, misalnya pemesanan hingga pembayaran, lebih baik dilakukan secara daring.

Terakhir, properti juga punya saluran untuk meminta bantuan darurat dan rute menuju rumah sakit terdekat bila ada tamu yang membutuhkan.

"OYO beradaptasi menghadapi new normal dengan kualifikasi 'Sanitized Stay' ini," ujar Carlo seperti yang Suara.com kutip dari Antara. (Risna Halidi)

Terkait

Terkini