Minggu, 05 Juli 2020

7 Langkah Pastikan Hotel Aman dari Covid-19

Industri pariwisata sudah mulai beroperasi, yang menandakan hotel sudah akan dibuka.

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi tips memilih hotel. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi tips memilih hotel. (Pixabay/StockSnap)

Guideku.com - Pelonggaran PSBB, dengan New Normal bagaikan oase bagi para industri pariwisata khususnya perhotelan. Meskipun tidak bisa semaksimal dulu, tapi setidaknya bisnis hotel sudah akan mulai berjalan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Berkaca dari itu, platform OYO untuk berusaha menjamin keamanan dan kenyamanan pengunjung menghadirkan kategori Sanitized Stay yang berfungsi sebagai tanda, penginapan yang didatangi sudah menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, minimalisir kontak fisik dan prosedur keselamatan di masa pandemi.

Penginapan dengan kategori ini menerapkan seluruh aturan tersebut sejak pengunjung check in hingga check out keluar dari hotel, yang berdasarkan aturan dari pemerintah.

"Pandemi membawa berbagai perubahan di industri ini, baik dari sisi pola pelayanan maupun preferensi konsumen. Program kualifikasi ini menjadi salah satu strategi OYO untuk beradaptasi pada perubahan
dan menghadapi the new normal," ujar Eko Bramantyo, Country Head Emerging Business, OYO Hotels and Homes Indonesia dalam teleconference, Kamis (11/6/2020).

Eko berharap dengan program ini selain meningkatkan gairah sektor perhotelan, juga bisa membantu para pemilik hotel yang telah bermitra dibawah naungan OYO. Hingga kini juga sudah ada lebih dari 200.000 hotel yang sudah masuk ketegori Sanitized Stays di OYO.

"Protokol ini kami buat agar memastikan tamu-tamu kami senantiasa merasa tenang, aman dan nyaman ketika menginap di hotel-hotel OYO yang sudah memenuhi kualifikasi Sanitized Stays," sahut Carlo Ongko, Country Stock Head, OYO Hotels and Homes Indonesia.

Hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)
Hotel saat pandemi Covid-19. (Shutterstock)

Adapun protokol yang diterapkan secara komprehensif pada program Sanitized Stay meliputi:

  1. Flow operasional
  2. Proses check-in dan check-out
  3. Penanganan barang bawaan
  4. Panduan kebersihan
  5. Penanganan Covid-19 di properti
  6. SOP untuk tamu diduga Covid-19
  7. Regulasi untuk tamu dan staf.

Lewat Sanitized Stay juga memiliki janji kepada pengunjung yang harus terpenuhi untuk bisa beroperasi di masa pandemi, seperti sebagai berikut:

Terkait

Terkini