5 Objek Wisata Yogyakarta Ini Jadi Lokasi Syuting Film Terkenal

Keindahan Yogyakarta dan obyek wisatanya ternyata kerap mengundang perhatian para rumah produksi film.

Rendy Adrikni Sadikin
Kamis, 12 Juli 2018 | 16:33 WIB
Candi Ratu Boko.(Visiting Jogja)

Candi Ratu Boko.(Visiting Jogja)

Guideku.com - Yogyakarta memang istimewa. Sebagai salah satu destinasi favorit tentunya, Yogyakarta memiliki obyek wisata yang unik maupun bersejarah.

Bukan cuma itu lho, Yogyakarta dengan keindahan dan keunikannya ternyata kerap mengundang beragam rumah produksi menjadikannya sebagai salah satu lokasi syuting.

Tercatat, banyak FTV yang mengambil latar lokasi syuting di Yogyakarta. Tapi, salah satu yang fenomenal tentunya film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2).

Baca Juga: 5 Restoran Keluarga di Jogja yang Makanannya Enak dan Banyak!

Film sekuel Ada Apa dengan Cinta? itu mengambil latar beberapa lokasi di Yogyakarta sebagai tempat dua bintang utama Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo).

Buntutnya, lokasi syuting yang dipilih oleh para produser film ini pun menjadi inspirasi bagi para pelancong untuk berkunjung.

Anda juga tertarik? Berikut beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi.

Baca Juga: 4 Hotel Murah di Jogja Dekat Stasiun Lempuyangan

1. Candi Ratu Boko

Salah satu lokasi syuting film AADC 2 adalah Candi Ratu Boko. Di tempat inilah tokoh Rangga dan Cinta mengobrol saat bertemu kembali di Yogyakarta. Candi Ratu Boko terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya.

Lokasinya yang berada di atas bukit ini membuat para pengunjung bisa menikmati keindahan Gunung Merapi sekaligus romantisnya pemandangan Yogyakarta dari ketinggian.

Baca Juga: 5 Hotel Mewah di Jogja Dekat Stasiun Lempuyangan

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan. (Panduan Wisata)

Arsitektur yang elok dan megah membuat Candi Prambanan memiliki daya tarik dan popularitas tinggi di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak heran kalau beberapa film Hollywood memilih untuk syuting di kawasan candi ini, di antaranya The Philosophers arahan John Huddles dan film bergenre thriller Beyond Skyline.

3. Taman Sari

Taman Sari. (Wikipedia)

Film Hollywood berjudul Java Heat juga tak mau kalah untuk menggunakan objek wisata di Yogyakarta sebagai salah satu lokasi pengambilan gambarnya. Tempat yang dipilih adalah Taman Sari, sebuah situs bangunan bekas taman istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang eksotis.

4. Kebun Tebu Gendu Girimulyo

Kebun Tebu Gendu Girimulyo. (Traveling Yuk)

Meski hanya berupa kebun tebu, kawasan yang terletak di perbukitan Menoreh Kulonprogo ini selalu ramai saat hektaran tanaman tebu di sana berbunga. Pemandangannya dianggap instagramable.

Tak heran jika Kebun Tebu Gendu pernah menjadi lokasi syuting film Surga yang Tak Dirindukan yang dibintangi Fedi Nuril dan Raline Shah.

5. Desa Wisata Gamplong

Desa Wisata Gamplong. (Instagram/@gamplong_studio)

Desa wisata yang terletak di ujung barat Kabupaten Sleman ini memiliki Studio Alam Gamplong yang dikenal sebagai Hollywood Mini. Desa Wisata Gamplong pernah menjadi tempat syuting film Sultan Agung yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Film terbaru Bumi Manusia yang diadaptasi dari buku best seller berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer juga akan melakukan pengambilan gambar di Desa Wisata Gamplong.

Rima Sekarani I.N.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak