Travel

Gelombang Pasang Terjang Beberapa Pantai di Yogya, Ini Videonya

Gelombang pasang diperkirakan akan berlangsung hingga 27 Juli 2018.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Gelombang Pasang di Pantai Parangtritis/Instagram @tesa.septi.
Gelombang Pasang di Pantai Parangtritis/Instagram @tesa.septi.

Guideku.com - Gelombang pasang kembali menerjang beberapa pantai yang ada di wilayah Yogyakarta, antara lain Pantai Parangtritis di Bantul serta Pantai Ngandong dan Pantai Gesing di wilayah Gunungkidul.

Selasa (24/7/2018) sore kemarin, air laut di Parangtritis mengalami gelombang pasang kurang lebih sekitar 4-5 meter. Tingginya gelombang pasang mengakibatkan beberapa warung milik warga yang ada di Parangtritis terendam air laut yang membanjiri bibir pantai.

Terlihat jelas dari video yang direkam oleh warga sekitar Pantai Parangtritis. Air laut yang mengalami gelombang pasang menembus dinding-dinding pembatas antara pantai dengan warung-warung milik warga.

Sama halnya dengan Pantai Parangtritis, Pantai Ngandong juga mengalami gelombang pasang. Akibatnya, beberapa bangunan di sekitar pantai mengalami kerusakan yang cukup parah. Sebuah penginapan dikabarkan roboh dan 8 gazebo diberitakan hilang dari bibir Pantai Ngandong.

Gelombang pasang di Pantai Ngandong, Selasa (24/7/2018) petang, sekitar pukul 18.00 WIB. Ketinggian gelombang pasang di Pantai Ngandong diperkirakan mencapai 7-8 meter.

Dilansir dari situs resmi bagian maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang pasang masih akan berlangsung di wilayah laut selatan Jawa hingga Sumatera selama beberapa hari ke depan. Diperkirakan gelombang pasang akan mencapai puncaknya menjelang gerhana bulan total, yakni pada Jumat (27/7/2018) besok.

Berita Terkait

Berita Terkini