Travel

Hati-hati, Agen Wisata Palsu yang Tawarkan Dieng Culture Festival

Para wisatawan yang ingin ke Dieng Culture Festival 2018 diharapkan membeli tiket resmi.

Dany Garjito

Salah satu tempat wisata terkenal di Dieng. (Adam Iyasa/Suara.com)
Salah satu tempat wisata terkenal di Dieng. (Adam Iyasa/Suara.com)

Guideku.com - Buat kamu yang mau ke Dieng Culture Festival 2018 (DCF 2018) dihimbau untuk berhati-hati terhadap modus penipuan penjualan promo wisata DCF 2018. Karena ternyata banyak lho paket wisata abal-abal yang menawarkan wisata Dieng. 

Seperti dilansir dari Suara.com, Alamsyah selaku Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng mengatakan bahwa wisatawan harus hati-hati, khususnya terhadap penjualan tiket online Dieng Culture Festival 2018.   

Alamsyah menghimbau agar wisatawan teliti lebih dulu promo abal-abal yang dijual via online terkait penyelenggaraan Dieng Culture Festival 2018

Alamsyah mengaku, kejadian yang sama pernah dialami beberapa wisatawan saat gelaran Dieng Culture Festival 2017, mereka memesan promo paket wisata DCF 2018 pada agen wisata abal-abal.

"Sesampainya di Dieng, wisatawan justru tak dapat akses dan akomodasi, mereka tertipu," kata Alamsyah.

Tak merinci lebih lanjut, pihaknya juga menerima keluhan wisatawan pada gelaran DCF 2018, ada wisatawan dari Jakarta yang tertipu dengan iming-iming harga promo yang ditawarkan biro wisata.

Salah satu objek wisata terkenal di Dieng, Candi Dieng. (Adam Iyasa/Suara.com)
Salah satu objek wisata terkenal di Dieng, Candi Dieng. (Adam Iyasa/Suara.com)

"Lebih aman untuk pemesanan tiket langsung menghubungi panitia melalui website resmi www.diengpandawa.com atau www.dieng.id," himbau Alamsyah merujuk dua website resmi Dieng Culture Festival itu.

Dieng Culture Festival 2018 diselenggarakan pada Jumat - Minggu (3 - 5/8). Dieng diperkirakan akan diserbu ribuan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Acara yang digagas Komunitas Sadar Wisata Dieng Pandawa tersebut, mengenalkan potensi wisata di dataran tinggi Dieng.

Di samping itu juga sebagai tempat edukasi budaya dan mempertemukan pelaku kreatif dalam bidang wisata di seluruh Indonesia.

"Ini kesempatan mempertemukan pelaku ekonomi usaha kecil pedesaan di sekitar dataran tinggi Dieng dan mempromosikan produk UKM," terang Alamsyah.

Beberapa agenda Dieng Culture Festival 2018 antara lain, Aksi Dieng Bersih, Festival Caping dan Bunga, Pameran produk UKM dan kuliner, Festival Jazz Atas Awan, dan Festival Kembang Api yang akan diselenggarakan pada Jumat (3/8/2018).

Lalu pada Sabtu (4/8/2018), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan membuka acara yang diawali dengan Festival tumpeng, kirab budaya, Sendra Tari Rambut Gembel, Senandung Negeri Atas Awan, serta Festival Lampion.

Puncak acaranya pada hari Minggu (5/8/2018) akan digelar Jamasan Rambut Gembel, dan prosesi ruwatan cukur rambut gembel di Kompleks Candi Arjuna.

SUARA.com/Ferry Noviandi

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Biro Wisata Abal-abal Berkeliaran Tawarkan Dieng Culture Festival

Berita Terkait

Berita Terkini