Citilink Buka Rute Malaysia ke Banyuwangi, Rute Baru Citilink Nih

Rute baru Citilink ini bisa mengakomodasi turis untuk nikmati wisata Banyuwangi.

Dany Garjito
Jum'at, 31 Agustus 2018 | 17:36 WIB
Citilink. (instagram.com/@citilink)

Citilink. (instagram.com/@citilink)

Guideku.com - Potensi wisata Banyuwangi yang besar tampaknya akan semakin meningkat. Hal itu terjadi karena Citilink membuka rute internasional baru yaitu penerbangan langsung (direct flight) dari Kuala Lumpur-Malaysia, menuju Banyuwangi. 

Seperti dilansir dari Suara.com, Heng Jee selaku General Sales Agent-Perwakilan Citilink Malaysia, datang langsung dari Malaysia pada Rabu, (29/8/2018) yang langsung disambut oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Kedatangan kali ini bermaksud untuk membahas paket-paket wisata yang bakal disiapkan.

''Kami saat ini sedang melakukan pematangan. Ada beberapa hal yang harus disiapkan, terutama terkait dengan paket-paket wisatanya. Potensi pariwisata Banyuwangi ini sangat besar. Kami optimistis, rute ini akan berkembang. Sebab, alam dan budaya di Banyuwangi ini luar biasa. Sangat bagus,'' ujar Heng Jee.

Banyuwangi memang memiliki potensi wisata yang besar. Banyuwangi sendiri mendapat julukan The Sun Rise of Java.

Di sektor wisata budaya, Banyuwangi mempunyai Tari Gandrung, Tari Barong, berbagai jenis angklung, seperti Angklung Caruk, Tetak, Paglak, hingga Blambangan.

Citilink siap buka rute baru Banyuwangi-Kuala Lumpur, Malaysia [Kemenpar]
Citilink siap buka rute baru Banyuwangi-Kuala Lumpur, Malaysia [Kemenpar]

Dan jangan lupa ada Desa Wisata Osing Kampung Kemiren yang punya situs budaya Banyuwangi.    

''Banyuwangi ini destinasi yang lengkap. Saya sudah dua hari berada di sini. Banyuwangi ini memang destinasi yang sangat menyenangkan. Kami sangat optimistis bisa membawa lebih banyak lagi wisaman ke Banyuwangi. Sebab, destinasi ini sangat eksotis,'' lanjut Heng Jee.

Banyuwangi juga memiliki destinasi Kawah Ijen dan Blue Fire. Khusus Blue Fire, fenomena ini hanya ada dua di dunia. Selain Banyuwangi, Blue Fire juga hanya ada di Islandia. Banyuwangi juga memiliki Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Teluk Hijau, Pantai G-Land, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Deretan Foto Pantai yang Ada di Film Kulari ke Pantai, Eksotis!

Heng Jee juga mengatakan bahwa karakter wisatawan Malaysia suka dengan tantangan. ''Wisatawan Malaysia ini suka dengan destinasi alam. Banyuwangi ini memiliki banyak sekali destinasi alam dan semuanya bagus. Mereka itu senang berfoto di destinasi dengan view terbaik. Mereka itu juga suka dengan hiking. Kawah Ijen dan pantai di sini sangat ideal bagi wisatawan Malaysia,''

Destinasi wisata Banyuwangi makin lengkap dengan banyaknya wisata kuliner Banyuwangi, seperti menu pecel pitik, sego cawuk, sego tempong, rujak soto, juga sego bungkus.

Di sini ada juga mie kuah, rawon, pecel rawon, botok tawon, nasi kalak, juga klemben. Heng Jee kembali menjelaskan, kuliner Banyuwangi identik dengan Malaysia.

''Bicara kuliner, Banyuwangi ini ternyata punya banyak kuliner yang luar biasa. Komposisi alam, budaya, dan kuliner milik Banyuwangi sudah ideal bagi wisatawan Malayasia. Kondisi kotanya juga bersih. Hal ini akan semakin membuat wisatawan nyaman berada di kota ini. Yang jelas rute Malaysia-Banyuwangi ini akan ramai,'' kata Heng Jee antusias.

Selain wisatawan Malaysia, Citilink juga akan menarik kunjungan dari wisatawan Tiongkok.

Citilink. (instagram.com/@citilink)
Citilink. (instagram.com/@citilink)

Sementara Imam Kamal Faris sebagai Senior Manager Sales Support Citilink menjelaskan bahwa rute ini akan siap beroperasi dalam beberapa bulan ke depan.

''Kami masih menunggu kesiapan bandara untuk penerbangan internasional. Begitu itu selesai, kami akan langsung mengajukan permohonan rute Kuala Lumpur-Malaysia ke Kementerian Perhubungan. Dan, nantinya bukan hanya warga Malaysia, kami juga akan dorong wisatawan Tiongkok berkunjung ke Banyuwangi,'' terang Imam.

Ditingkatkan menjadi bandara internasional, persiapan matang terus dilakukan Bandara Banyuwangi. Seperti menyiapkan layanan imigrasi dan lainnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menegaskan, rencana flight internasional Bandara Banyuwangi sangat positif.

''Kehadiran travel agent Malaysia ini penanda kemajuan positif. Jadi akan banyak rute yang masuk ke Banyuwangi,'' tegasnya.

Bandara Banyuwangi saat ini melayani rute Jakarta-Banyuwangi. Durasinya lima kali sehari. Ada juga rute Surabaya-Banyuwangi dengan frekuensi dua kali per hari.

Rencana terhubungnya Malaysia dengan Banyuwangi dalam beberapa bulan ke depan juga disambut positif Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Kenaikan jumlah kunjungan turis mancanegara akan berdampak positif bagi perekonomian Banyuwangi. Apalagi, turis mancanegara rata-rata memiliki kemampuan membelanjakan uang lebih tinggi dari turis domestik.

Arief Yahya mengatakan bahwa keseriusan Citilink ini harus diapresiasi. Posisi Kuala Lumpur memang vital, apalagi banyak wisatawan mancanegara yang transit di sana.

Arief Yahya menambahkan, dengan rute baru tersebut diharapkan wisatawan mancanegara bisa langsung menuju Banyuwangi. Sebab, aspek 3A-nya memang luar biasa. Atraksi, aksesibilitas, dan amenitas di Banyuwangi sangat bagus.  

SUARA.com/Ade Indra Kusuma

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Citilink Buka Rute Internasional Baru, Banyuwangi - Malaysia

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak