Sabtu, 19 Juni 2021

Banyak Penumpang Pesawat Mendadak Demam, Turun Langsung Karantina

Warganet: kayak di film thriller.

Dany Garjito
cloud_download Baca offline
Ilustrasi penumpang pesawat. (Unsplash)
Ilustrasi penumpang pesawat. (Unsplash)

Guideku.com - Sebuah pesawat maskapai penerbangan Emirates mendarat di New York. Sesaat setelah mendarat, pesawat beserta penumpang dan awak kabin dikarantina karena dilaporkan banyak penumpang dan awak kabin yang mendadak sakit demam.

Para pejabat setempat menginformasikan bahwa pesawat dikarantina di bandara JFK.

Langkah ini diambil guna melakukan pemeriksaan kepada para penumpang yang berada di penerbangan Dubai - New York oleh petugas kesehatan. Sebanyak 11 orang dibawa ke rumah sakit tetapi yang lain menolak pengobatan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS mengatakan bahwa awalnya sekitar 100 orang termasuk beberapa awak telah mengeluh sakit.

Penerbangan 203 dari Dubai mendarat pukul 09:10 (13.10 GMT) dengan 521 penumpang. Kendaraan darurat terlihat di landasan ketika pesawat mendarat.

Vanilla Ice, seorang penyanyi, yang kebetulan menjadi salah seorang penumpang di bandara tersebut dengan penerbangan terpisah, mengunggah video dari tanggapan darurat di landasan.

Penerbangan Emirates. [Twitter]
Penerbangan Emirates. [Twitter]

 

Segera setelah itu, maskapai penerbangan Emirates menginformasikan via Twitter, bahwa penumpang yang sakit sedang dirawat dan mereka yang tidak terpengaruh akan diizinkan meninggalkan pesawat.

Penerbangan Emirates. [Twitter]
Penerbangan Emirates. [Twitter]

 

Dalam sebuah pernyataan, CDC mengatakan, ''Sekitar 100 penumpang, termasuk beberapa awak di penerbangan, mengeluh sakit termasuk batuk, demam, dan gejala penyakit pencernaan.''

Dikatakan bahwa setelah menyelesaikan evaluasi kesehatan pada semua orang di pesawat, 538 penumpang telah dibebaskan dan 11 orang dibawa ke rumah sakit setempat untuk dirawat.

''Penumpang yang telah dievaluasi dan dibebaskan (harus) menghubungi penyedia dan departemen kesehatan mereka jika mereka mengalami gejala lagi, apapun gejalanya,'' saran badan kesehatan.

Bill de Blasio, selaku juru bicara walikota New York, mengatakan bahwa beberapa penumpang awalnya berasal dari kota Mekah Arab Saudi, yang saat ini mengalami wabah flu, dan gejala para penumpang 'mengarah ke flu'.

Larry Coben, seorang penumpang di pesawat, mengunggah gambar di Twitter tentang penumpang yang tidak terpengaruh yang diperiksa saat mereka turun.

Penumpang penerbangan Emirates yang dikarantina di Bandara JFK, AS. [Twitter]
Penumpang penerbangan Emirates yang dikarantina di Bandara JFK, AS. [Twitter]

 

ABC News melaporkan bahwa pilot meningkatkan peringatan sebelum mendarat bahwa beberapa penumpang batuk dan mengalami demam tinggi.

Foto dan video tentang pesawat beserta penumpang yang dikarantina juga mendapat tanggapan dari warganet. Salah satunya ada yang menilai hal tersebut seperti film thriller.

Wah jangan sampai kayak yang di film-film ya, serem! Semoga semua penumpang dan awak kabin kembali sehat seperti sedia kala.

SUARA.com/Dythia Novianty

Artikel ini sudah dimuat di SUARA.com dengan judul: Mendarat, Belasan Penumpang Pesawat Emirates Langsung Dikarantina

Terkait

Terkini