Travel

Dari Indonesia Hingga Kanada, Ini Ragam Aturan Beri Tip di Dunia

Tip bisa melambangkan penghormatan namun juga dapat menyinggung orang lho.

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda

Ilustrasi (Unsplash Jordan Rowland)
Ilustrasi (Unsplash Jordan Rowland)

Guideku.com - Memberikan tip pada dasarnya bersifat sukarela namun dalam praktiknya ada aturan tak tertulis di beberapa negara yang mengharuskan kita meninggalkan sedikit uang baik di restoran maupun berbagai akomodasi jasa.

Konon, wisatawan yang baik adalah mereka yang mengerti aturan memberi tip di tempat ia berpijak, sebab pemberian tip di setiap negara begitu beragam menilik pendapat Caroline Walton, chief customer The Money Shop.

Ilustrasi (Unsplash Cdubo)
Ilustrasi (Unsplash Cdubo)

Betapapun tip diberikan semampunya, tak sedikit pekerja jasa di beberapa lokasi wisata di negara-negara Amerika Serikat dan Kanada misalnya mengharapkan tip dari pelanggan mereka.

Hal ini ditenggarai, di beberapa negara seperti Amerika, pekerja jasa seringkali dihargai rendah, dengan upah per jam yang tidak banyak. Tak sedikit dari mereka mengharapkan uang tambahan dari tip.

Lain halnya di Thailand, tip tidak wajib diberikan namun pemberian tip menunjukkan tanda hormat.

Nah, sebaliknya, jangan pernah sekali-kali memberikan tip di Jepang. Sebab pemberian uang tip dianggap melecehkan para pekerja jasa disana.

So, bagaimana di Indonesia?

Memberikan uang tip di Indonesia bukanlah sesuatu yang wajib namun pada praktiknya banyak dari masyarakat Indonesia yang memberikan uang tip dengan bermacam sebab macam ingin memberikan penghargaan lebih pada para pekerja akomodasi jasa.

So, bagaimana dengan kamu?

Berita Terkait

Berita Terkini