Pesawat yang Ditumpangi Chandra Tauphan Miring, Ini Kata Maskapai

Berikut klarifikasi langsung dari Lion Air Group.

Dany Garjito | Aditya Prasanda
Rabu, 14 November 2018 | 15:15 WIB
Ilustrasi Wings Air (Wikimedia Commons Paul Spijkers)

Ilustrasi Wings Air (Wikimedia Commons Paul Spijkers)

Guideku.com - Beredarnya kabar soal pesawat Wings Air yang mendadak putar balik setelah 30 menit melakukan penerbangan akibat kerusakan teknis yang dialami pesawat mencuat, Rabu (14/11/2018).

Kabar tersebut beredar setelah akun Instagram Lambe Turah mengunggah gambar cetak layar dari status Insta Story Chandra Tauphan, suami aktris Nina Zatulini yang menceritakan pengalaman buruknya saat mengudara bersama pesawat milik Lion Air Group tersebut.

Dalam unggahan itu, Chandra Tauphan menceritakan pesawat Wings Air yang ia tumpangi sempat goyah dan terbang dalam posisi miring betapapun cuaca dalam kondisi yang baik.

Baca Juga: Naik Lion Air, Suami Nina Zatulini Curhat Pesawatnya Miring

Cetak layar (Instagram Lambe Turah)
Cetak layar (Instagram Lambe Turah)

 

''Allahuakbar barusan penerbangan saya menuju daerah pomala kolaka, tiba-tiba pesawat nya mutar balik padahal sudah 30 menit flight. Ternyata pesawatnya rusak, pantes selama perjalanan kenapa goyang nya aneh, pesawatnya miring sebelah padahal cuaca bagus,'' keluh Chandra Tauphan menyesalkan penerbangan yang ia tumpangi.

Guideku. com pun segera memastikan klarifikasi dari pihak Wings Air terkait hal ini.

Baca Juga: Memanas, Joko Widodo Singgung Usaha Milik Kaesang Pangarep

Melalui rilis yang diterima Guideku.com, Rabu (14/11/2018) siang, pesawat Wings Air nomor IW-1206 dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar tujuan Bandara Sangia Nibandera, Kolaka memang benar terpaksa harus kembali ke bandara asal.

Pihak Wings Air dalam klarifikasinya menyebut hal ini dilakukan demi keselamatan penumpang sebab adanya kondisi teknis tertentu pada pesawat yang harus diperiksa kembali.

''Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/RTB), dikarenakan (persoalan-red) technical yang harus segera dilakukan pengecekan. Hal ini sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Sebelum diterbangkan menuju Kolaka, pesawat telah menjalani pemeriksaaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan layak terbang (safe to flight),'' terang Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Wings Air dalam rilisnya.

Baca Juga: Kisah Mistis Ojek Online : 'Uangku Mendadak Jadi Daun'

Ilustrasi penumpang pesawat. (Unsplash)
Ilustrasi penumpang pesawat. (Unsplash)

 

Penerbangan pesawat IW-1206 yang lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 08.00 WITA tersebut membawa 65 penumpang (salah satunya Chandra Tauphan) berserta dua pilot dan dua pramugari.

Pesawat itu kemudian kembali ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan selamat pada pukul 09.00 WITA.

Baca Juga: Serunya Liburan di Zanzibar, Tanah Kelahiran Freddie Mercury

Setibanya kembali di Makassar, seluruh penumpang diarahkan menuju ruang tunggu terminal menanti informasi keberangkatan selanjutnya.

Sementara itu pilot dan teknisi pun segera melakukan penanganan dan pemeriksaan pada pesawat dengan nomor penerbangan IW-1206.

Para penumpang akhirnya diterbangkan kembali menggunakan pesawat Wings Air yang berbeda yakni ATR 72-500 pukul 11.05 WITA.

''Wings Air telah menerbangkan kembali seluruh penumpang dengan nomor IW-1206D pukul 11.05 WITA, menggunakan pesawat Wings Air lainnya yaitu ATR 72-500 registrasi PK-WGF. Pesawat sudah tiba di Kolaka pukul 12.10 WITA,'' tambah Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis.

 

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak