Senin, 21 Juni 2021

Baru Masuk Langsung Keluar, 80 Detik Pesawat Ini Nyampe Tujuan

Baru mau nyantai udah disuruh turun, nih!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Pilot. (Unsplash)
Pilot. (Unsplash)

Guideku.com - Ketika berbagai maskapai menawarkan rute penerbangan selama belasan jam lamanya, pesawat komersial yang satu ini malah ngotot mempertahankan layanan rute terpendek di dunia.

Berada di Inggris, rute penerbangan yang menghubungkan antara Westray Island Airport dengan Papa Westray Island Airport ini memiliki jarak 2,7 kilometer saja.

Mendengarnya, mungkin kamu akan berpikiran bahwa jarak sependek itu bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor. Namun, sayangnya, dua titik ini terpisah perairan dan pesisir pantai yang penuh karang.

Itulah sebabnya pesawat menjadi pilihan, meski rute penerbangan terpendek ini hanya memakan waktu 1 menit 20 detik atau 80 detik saja lamanya.

Rute Penerbangan Terpendek di Dunia (Google Maps)
Rute Penerbangan Terpendek di Dunia (Google Maps)

 

Hah? Nggak salah tuh? Kenapa nggak pakai kapal atau jembatan aja, sih?

Meski pesawat yang terbang selama 80 detik saja terdengar tak masuk akal, namun opsi ini rupanya jauh lebih baik ketimbang membangun jembatan atau naik kapal.

Hal ini dikarenakan daerah yang terletak di Kepulauan Orkney tersebut hanya dihuni sekitar 100 orang saja. Dengan jumlah tersebut, membangun jembatan akan menjadi pilihan yang tidak efisien karena membebani warga secara finansial.

Sementara itu, kapal feri yang ada berjalan terlalu lambat, selambat siput sehingga warga setempat pun lebih suka naik pesawat.

Rute Penerbangan Terpendek di Dunia (Google Maps)
Rute Penerbangan Terpendek di Dunia (Google Maps)

 

Tak hanya rutenya yang pendek, pesawat komersial ini juga hanya bisa membawa 8 penumpang setiap penerbangan. Sedangkan ketinggian maksimum yang dapat mereka capai adalah 350 kaki atau 106 meter.

Menurut sang pilot senior, Colin Mcallister, pesawat yang dia kemudikan ini sudah layaknya sebuah bus antar Westray dan Papa Westray.

Bedanya, angkutan yang satu ini tetap membutuhkan kerjasama sebuah tim yang terdiri dari dua air traffic controllers dan empat pemadam kebakaran.

Sementara itu, pramugari jelas tidak tersedia di penerbangan ini. Bagaimana tidak? Baru duduk saja, kamu sudah bakal disuruh keluar lagi, kan?

Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba rute penerbangan terpendek di dunia yang sudah berusia 50 tahun ini?

Terkait

Terkini