Rabu, 19 Juni 2019

Di Kota Ini, Kalau Tepat Waktu Malah Ada Demo Besar-besaran

Anti On Time On Time Club.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Ilustrasi jam. (Unsplash/Icons8 team)
Ilustrasi jam. (Unsplash/Icons8 team)

Guideku.com - Ada yang unik dari menara jam yang berdiri menjulang di kota Edinburgh, Skotlandia satu ini. Umurnya sudah seabad lebih, kepemilikannya telah berulang kali berganti, namun ada satu hal yang tak pernah berubah.

Berdiri di atas Balmoral Hotel yang terkenal, menara bernama Edinburgh Clock Tower ini rupanya tidak pernah tepat waktu. Selama bertahun-tahun, jam di menara ini selalu menunjukkan waktu tiga menit lebih cepat.

Hanya ada satu momen di mana Edinburgh Clock Tower akan menunjukkan waktu yang tepat, yaitu saat detik-detik tahun baru. Selepas itu, menara jam ini harus kembali dibuat tiga menit lebih cepat.

Edinburgh Clock Tower (Pixabay/Tama66)
Edinburgh Clock Tower (Pixabay/Tama66)

 

Tentu saja keputusan untuk membuat menara jam Edinburgh ini tidak tepat waktu bukan tanpa alasan.

Pertama kali dibuka tahun 1902, bangunan di bawah Edinburgh Clock Tower berfungsi sebagai North British Station Hotel. Letaknya yang dekat stasiun itulah yang membuat menara jam ini diandalkan banyak calon penumpang.

BACA JUGA: Selain Aksi 212 di Monas, 4 Bangunan Khas Kota Ini Kerap Jadi Lokasi Aksi

Tak ingin ada penumpang yang ketinggalan kereta, North British Railway Company pun memutuskan untuk membuat jam tersebut berjalan tiga menit lebih cepat.

Menurutnya, waktu 3 menit tersebut dapat digunakan travelers untuk membeli tiket, memasukkan koper, hingga mengucapkan perpisahan lebih lama dengan orang terkasih.

Edinburgh Clock Tower (Wikimedia Commons)
Edinburgh Clock Tower (Wikimedia Commons)

 

Hingga kini pun, hal tersebut masih dipertahankan karena masyarakat Edinburgh sudah teramat bergantung dengan Edinburgh Clock Tower yang menjulang ikonik di kota mereka.

Smith of Derby, si pengelola jam, bahkan berkata jika perusahaannya dibayar untuk memastikan waktu di jam tersebut tetap tidak tepat.

BACA JUGA: Tergoda Paket Wisata Murah, Turis ini Dijadikan Kurir Narkoba

Orang-orang di Edinburgh, Skotlandia boleh saja memiliki ponsel dan jam, namun di saat terburu-buru, mereka akan lebih tetap bergantung pada Edinburgh Clock Tower.

Tak heran, sang pengelola pun bahkan sampai berkata kalau rakyat Edinburgh tidak akan segan melakukan demo jika jam tersebut sampai disetel tepat waktu.

Terkait

Terkini