Minggu, 21 Juli 2019

Ini Bahaya Nekat Traveling Pakai Paspor Rusak

Mencegah lebih baik ketimbang liburanmu berubah petaka.

Dany Garjito | Aditya Prasanda
Ilustrasi paspor. (Unplash/Agus Dietrich)
Ilustrasi paspor. (Unplash/Agus Dietrich)

Guideku.com - Jangan sesekali berani mencoba traveling ke luar negeri menggunakan paspor rusak. Sebab jika paspormu tidak dapat diterima petugas imigrasi, maka liburan yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari terancam hangus begitu saja.

Terlebih di Indonesia yang terkenal ketat soal pemeriksaan paspor.

Seperti diketahui, lebih dari sekali kasus penolakan wisatawan asing masuk ke Indonesia terjadi.

Paspor (Unsplash)
Paspor (Unsplash)

 

Kita tentu masih ingat kasus yang menimpa pasangan asal Inggris, Daniel dan Tia Farthing, keduanya ditolak masuk Indonesia sebab paspor mereka rusak digigit anjing.

Betapapun keduanya sanggup melewati sensor imigrasi Inggris, Daniel dan Tia terpaksa memupus asa mereka berlibur ke Bali sebab paspor mereka ditolak pihak Imigrasi Indonesia.

BACA JUGA: Paspor Digigit Anjing, Niat Bulan Madu ke Bali Jadi Nestapa

Meskipun kondisi paspor tidak tercantum dalam Peraturan Menkumham Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Masuk Dan Keluar Wilayah Indonesia, agar menghindari kejadian nahas serupa, bawalah paspor selalu dalam keadaan yang baik.

Sebab ketika paspor dibawa dalam keadaan baik, informasi yang tertera di dalam paspor dapat terbaca jelas oleh petugas imigrasi dan bandara, terlebih jika menyambangi negara yang tak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

BACA JUGA: Dikira Buku Catatan, Seorang Ibu Pakai Paspor untuk Tulis Daftar Belanja

Selain itu, sangat tidak disarankan traveling ke luar negeri menggunakan paspor tanpa sampul yang dapat tersiram air dan tak menutup kemungkinan mudah terlipat saat disimpan di dalam tas.

Tak hanya itu, sangat disarankan pula membawa salinan paspor milikmu guna menghindari paspor terselip dan hilang di tengah jalan.

Terkait

Terkini