Selasa, 15 Juni 2021

Ngeri, Dahi Traveler Ini Bengkak, Ternyata Ada Belatung di Dalamnya

Hiii, selalu jaga kebersihan saat traveling ya!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Dahi Bengkak (Pexels/Kat Jayne)
Ilustrasi Dahi Bengkak (Pexels/Kat Jayne)

Guideku.com - Apa yang awalnya dikira bengkak biasa berubah menjadi sesuatu yang mengerikan bagi traveler perempuan satu ini.

Bukan karena terbentur atau digigit serangga, bengkak di dahi perempuan ini rupanya disebabkan oleh kegiatannya saat berpetualang di Uganda.

Seperti dikutip dari laman Dailymail, perempuan berusia 55 tahun itu awalnya pergi ke rumah sakit karena mengira dahinya digigit serangga. Saat itu, dokter pun hanya memberinya antibiotik.

Namun, tiga hari kemudian, perempuan tersebut kembali dengan rasa sakit yang menusuk di wajahnya dan bengkak yang semakin bertambah.

Usut punya usut, setelah tes dilakukan, dokter menemukan bahwa penyebab bengkak di dahi perempuan tersebut adalah telur lalat yang sudah menetas menjadi belatung.

Bukan hanya satu saja, dokter bahkan menemukan dua belatung di bawah kulit perempuan tersebut.

Ilustrasi Menemukan Belatung (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi Menemukan Belatung (Pixabay/PublicDomainPictures)

 

Akibat insiden ini, dokter pun akhirnya terpaksa melakukan pembedahan demi mengangkat belatung tersebut dari balik kulit si traveler.

Segera setelah diangkat, belatung tersebut pun lekas dikirimkan ke London School of Tropical Medicine. Di sana, diketahui bahwa belatung tersebut berasal dari telur lalat Lund yang ada di Afrika.

Perlu diketahui, insiden macam ini merupakan hal yang jarang dan nyaris tak pernah terjadi. Normalnya, telur lalat dapat masuk ke dalam kulit lewat pori-pori di kulit kaki. Kemungkinan lainnya, telur tersebut masuk melalui bekas luka.

Pada akhirnya, traveler perempuan tersebut pun mengaku jika dia sempat membalut kepalanya dengan menggunakan handuk basah yang sempat didiamkan di luar ruangan.

Dokter pun percaya bahwa telur lalat itu sebelumnya mungkin berada di atas handuk dan akhirnya masuk lewat pori-pori kulit.

Duh semoga insiden ini bisa menjadi pelajaran agar kita lebih menjaga kebersihan saat traveling di luar ruangan ya!

Terkait

Terkini