Minggu, 17 Februari 2019

Kewarganegaraan Bisa Tentukan Destinasi Traveling Lho, Kalau Indonesia?

Apa gaya traveling kamu sama dengan stereotip gaya traveling di negara kamu atau malah berbeda?

Rendy Adrikni Sadikin
ILUSTRASI traveler
ILUSTRASI traveler

Guideku.com - Setiap orang punya gaya traveling masing-masing. Ada yang lebih suka petualangan cum menggenjot adrenalin, ada yang memilih santai dan istirahat.

Berdasarkan riset terbaru Booking.com, ternyata kewarganegaraan seseorang bisa mempengaruhi gaya traveling lho. Mau bukti?

Nah, sebelum pergi berlibur, coba kamu berkaca dan bertanya kepada diri sendiri: Apa gaya traveling kamu sama dengan stereotip gaya traveling di negara kamu atau malah berbeda?

Motivasi traveling teratas: Menantang dan Menenangkan

Bagi sebagian besar traveler, motivasi utama traveling adalah bersantai. Jadi, tidak mengejutkan jika 90 persen traveler warga Indonesia menyatakan bahwa 'meluangkan waktu untuk bersantai' adalah motivasi penting untuk traveling.

Ini menjadikannya sebagai motivasi traveling teratas, kecuali bagi traveler dari Denmark dan Prancis. Mereka menyatakan 'bebas melakukan yang saya inginkan' sebagai motivasi traveling utama mereka.

Tapi, ketika membandingkan motivasi traveling antarnegara, kamu cukup jelas bahwa traveler dari seluruh penjuru dunia memiliki preferensi berbeda.

Sebagian besar traveler Argentina suka nostalgia (73 persen traveler mengatakan mereka suka 'berkunjung ke masa lalu'). Traveler dari Tiongkok (83 persen) dan Taiwan (76 persen) lebih suka 'merasakan gaya hidup yang lebih sederhana'.

Sementara, motivasi traveler Jepang, Jerman dan Hong Kong adalah untuk 'menghindari tuntutan di rumah' (masing-masing 66 persen, 72 persen dan 80 persen).

Terakhir, untuk sebagian traveler, traveling adalah soal status sosial: traveler Indonesia (75 persen), India (75 persen) dan Filipina (80 persen) mengatakan motivasi traveling mereka adalah 'pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi teman'.

Perbedaan gaya traveling global yang signifikan terdapat pada wisata petualangan.

Traveler Rusia mengungkapkan mereka lebih suka menghabiskan waktu luangnya dengan 'mencari tantangan dan kesenangan', sementara traveler Belanda dan Jerman menempatkan motivasi ini rata-rata paling rendah.

Jika dibandingkan dengan motivasi traveling di dunia, ini motivasi para traveler asal Indonesia. Inilah 5 motivasi teratas para traveler global:

1. Meluangkan waktu untuk bersantai
2. Meluangkan waktu untuk beristirahat
3. Mencari pengalaman yang tak bisa saya dapatkan di rumah
4. Menjelajah sebanyak mungkin
5. Bebas melakukan yang saya inginkan

Sementara, inilah 5 motivasi traveling teratas para traveler Indonesia:

1. Meluangkan waktu untuk istirahat
2. Meluangkan waktu untuk bersantai
3. Menghabiskan waktu bersama keluarga
4. Menemukan sensasi dan kegembiraan
5. Pengalaman yang tidak bisa saya miliki di rumah

Destinasi

Selain motivasi, destinasi traveling juga bervariasi berdasarkan kewarganegaraan. Sebagian besar traveler global menentukan destinasi berdasarkan ragam kategori.

Sebut saja 'keamanan pribadi' dan 'kebersihan', tapi ada banyak juga yang memprioritaskan 'keindahan alam' atau 'kuliner lezat'.

Nah, ada perbedaan faktor juga antara traveler Indonesia dan global mengenai pertimbangan mereka dalam memilih destinasi. Simak kuy!

Inilah 5 faktor teratas yang dipertimbangkan traveler global dalam menentukan destinasi:

1. Keamanan pribadi
2. Kebersihan
3. Keindahan alam yang luar biasa
4. Kuliner setempat yang lezat
5. Cuaca yang bagus

Kalau Indonesia gimana?

Ini 5 faktor teratas yang dipertimbangkan traveler Indonesia saat menentukan destinasi:

1. Kebersihan
2. Keindahan alam yang luar biasa
3. Keamanan pribadi
4. Kuliner setempat yang lezat
5. Orang lokal yang menarik dan ramah

Tentunya, perilaku traveling ini sangat dipengaruhi oleh kemudahan akses. Itulah mengapa banyak traveler India yang traveling ke Bhutan, banyak traveler Argentina yang berkunjung ke Paraguay dan banyak traveler Korea Selatan yang pergi ke Guam.

Jika Anda melihat negara-negara yang sering dikunjungi traveler dari Indonesia, itu artinya kita tahu cara menghargai tetangga kita.

Nah, inilah 10 destinasi yang paling disukai traveler dari Indonesia tahun 2018:

1. Indonesia
2. Singapura
3. Malaysia
4. Macau
5. Hongkong
6. Jepang
7. China.

Terkait

Terkini