Minggu, 17 Februari 2019

Eits, Ternyata Ini Cara yang Benar Memberi Salam Kepalan Tangan di China

Jangan asal memberi salam kepalan tangan ya!

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Ilustrasi Salam Kepalan Tangan (Pixabay/TwinBerry_Yuii)
Ilustrasi Salam Kepalan Tangan (Pixabay/TwinBerry_Yuii)

Guideku.com - Layaknya orang Jepang dan Korea yang sering terlihat memberi salam sambil menundukkan badan, China identik dengan salam kepalan tangan. Meski begitu, tahukah kamu kalau salam kepalan tangan tak bisa sembarang dipakai?

Yup, salam kepalan tangan ini termasuk salah satu bentuk salam tradisional China yang juga dipakai dalam perayaan Imlek. Selain itu, salam ini biasanya digunakan saat menghadiri resepsi pernikahan, ulang tahun, atau pemakaman.

Seperti dikutip Guideku.com dari Top China Travel, salam ini sudah ada sejak 3.000 tahun silam. Saat itu, salam ini digunakan untuk menunjukkan bahwa seseorang datang dengan maksud baik-baik.

Sedangkan saat ini, salam kepalan tangan digunakan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang yang kita temui.

Ilustrasi Salam Kepalan Tangan (youtube.com/EZCantonese)
Ilustrasi Salam Kepalan Tangan (youtube.com/EZCantonese)

 

Nah, untuk menggunakan salam kepalan tangan pun kita tak bisa sembarang mengepalkan tangan. Ada beberapa aturan yang harus diikuti.

Pertama, untuk laki-laki, tangan kanan adalah tangan yang mengepal sementara tangan kiri digunakan untuk menggenggam tangan kanan. Sebaliknya, perempuan mengepalkan tangan kiri dan menggenggamnya dengan tangan kanan.

Hal ini dikarenakan tangan kiri dianggap sebagai tangan yang penting dan menyimbolkan martabat laki-laki. Demikian pula halnya dengan tangan kanan dan perempuan.

Untuk melakukan salam sendiri, tangan yang sudah dikepalkan tersebut diangkat setinggi alis, lalu diikuti bungkukan dan jabat tangan.

Ilustrasi perayaan Imlek. (Pixabay/kikky)
Ilustrasi perayaan Imlek. (Pixabay/kikky)

 

Selain aturan di atas, ada pula aturan menggunakan salam kepalan tangan di pemakaman. Beda dari biasanya, posisi tangan akan dibalik yaitu tangan kanan di atas untuk lelaki dan kiri di atas untuk perempuan.

Terakhir, salam ini sendiri tidak melulu digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, salam ini lebih kerap dipakai dalam perayaan seperti Tahun Baru China yang sebentar lagi akan tiba.

Sekarang, udah tahu kan bagaimana cara memberi salam kepalan tangan yang benar?

Terkait

Terkini