Minggu, 17 Februari 2019

Disebut dalam Al Quran, Ini 5 Fakta Gunung Pelangi Zhangye Danxia di China

Fenomena alam kuasa Sang Pencipta.

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda
(Pixabay /Elton John 1973)
(Pixabay /Elton John 1973)

Guideku.com - Membentang seluas 300 meter persegi di Provinsi Gansu, China, pegunungan pelangi, Zhangye Danxia menawarkan pesona relief bebatuan puspa warnanya nan memanjakan mata.

Menyimak pegunungan yang berada di Zhangye Danxia Landform Geological Park ini kita akan disuguhkan tampilan warna cerah dari hijau zamrud, cokelat, kuning, biru hingga merah yang berkelindan pada relief bebatuannya nan menawan.

Menghimpun dari berbagai sumber, Guideku.com mencatat empat hal yang harus kamu ketahui menyoal pegunungan pelangi, Zhangye Danxia berikut. Apa saja?

1. Dari laut menjadi gunung

Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

 

Laporan China Highlights menyebut sebelum menjadi gunung puspa warna yang dikenal hari ini, Zhangye Danxia jutaan tahun lalu merupakan permukaan dasar samudera lepas.

2. Tercipta akibat letusan gunung berapi

Tumbukan lempeng tektonik di dasar laut jutaan tahun lalu membuat permukaan dasarnya berlipat dan membuncah ke luar.

Letusan gunung berapi di dasar laut yang terjadi berkali-kali jutaan tahun silam lantas memunculkan bongkahan pegunungan dan zat-zat di dasar bumi seperti kalsium, besi, tembaga, klorit dan sulfida.

3. Proses pembentukan warna

Bermacam warna terbentuk akibat fenomena geomorfologi petrografi, yakni erosi dan endapan menahun yang menciptakan formasi bebatuan dari pasir merah dan mineral.

4. Hanya ada beberapa di dunia

(Pixabay Jerzykwpodrozy)
Gunung Ausangate di Peru (Pixabay Jerzykwpodrozy)

 

Selain Zhangye Danxia, fenomena pegunungan pelangi juga dapat kita temukan di beberapa titik di belahan dunia lainnya. Antara lain di pegunungan Brennisteinsalda di Islandia, lalu pegunungan Cerro de los Siete Colores di Argentina dan Gunung Ausangate di Peru.

5. Dibahas dalam Al Quran

Keajaiban pegunungan pelangi ini juga disebut dalam Al Quran Surat Al Fathir ayat 27:

"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat." [QS: Al Fathir [35]: 27].

Terkait

Terkini