Gunung Bromo Erupsi, Statusnya Masih Waspada

Status Gunung Bromo saat ini berada di kondisi normal, yakni pada level II atau waspada, bukan dalam status siaga.

Dany Garjito
Rabu, 20 Februari 2019 | 15:21 WIB
Gunung Bromo, Indonesia. (Unsplash)

Gunung Bromo, Indonesia. (Unsplash)

Guideku.com - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menegaskan bahwa status Gunung Bromo di Jawa Timur sekarang ini berada kondisi normal, yakni pada level II atau waspada, bukan dalam status siaga, seperti dikutip dari Suara.com, Rabu (20/02/2019).

Kepala Balai Besar TNBTS John Kenedie menjelaskan bahwa berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Gunung (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Bromo, di Ngadisari, Kecamatan Sukapura, sampai dengan 18 Februari 2019, tingkat aktivitas Gunung Bromo masih berada pada level II atau waspada.

"Kondisi Gunung Bromo, berdasarkan pemantauan di lapangan saat ini dalam situasi dan kondisi kondusif seperti hari-hari biasanya," kata John Kenedie di Kota Malang, Selasa (19/2/2019).

Baca Juga: Mau Jadi Sehebat Risa Saraswati? Ikut Saja Kursus Mengusir Setan di Sini

Pernyataan tersebut dirilis oleh Balai Besar TNBTS sehubungan dengan adanya pemberitaan yang menyebutkan bahwa telah terjadi erupsi di Gunung Bromo dengan tinggi kolom abu sekitar 600 meter dari atas puncak, sehingga, statusnya diubah menjadi siaga.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Balai Besar TNBTS, kondisi cuaca di sekitar Gunung Bromo saat ini cerah berawan, juga mendung disertai hujan, dengan tiupan angin lemah ke arah timur laut, timur, tenggara, selatan, barat daya, dan barat, dengan suhu rata-rata 12-20 derajat celcius.

Secara visual, gunung terlihat jelas, dengan kabut atau asap awan bertekanan lemah hingga sedang. Asap awan tersebut teramati berwarna putih dan cokelat, dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal, dengan tinggi 50-700 meter di atas puncak kawah.

Baca Juga: 7 Momen Ranty Maria Main ke Pantai, Kakinya Bikin Gagal Fokus

"Berdasarkan data dan kondisi tersebut, maka secara umum kondisi Gunung Bromo masih dalam situasi kondusif, dengan beberapa potensi kesiapan yang harus ditingkatkan, yaitu kewaspadaan dan mematuhi arahan dari pengelola TNBTS dan PVMBG," ucap John.

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur, yang memiliki kawah dengan garis tengah 800 meter dari arah utara ke selatan, dan 600 meter dari timur ke barat. Gunung tersebut berada di empat wilayah yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. [Antara]

SUARA.com/Liberty Jemadu

Baca Juga: Duh, Klub Malam Seungri BIGBANG Terlibat Kasus Narkoba dan Pemerkosaan

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak