Banjir Bandang Sentani, Pesawat Terseret Sampai ke Jalan

Banjir besar rusak fasilitas umum.

Dany Garjito
Minggu, 17 Maret 2019 | 14:43 WIB
Ilustrasi banjir. (Pixabay)

Ilustrasi banjir. (Pixabay)

Guideku.com - Banjir bandang Sentani turut menyeret sebuah pesawat milik Adventist Aviation Mission sampai ke jalan, Sabtu (16/3/2019) malam. Pesawat terseret karena hujan lebat disertai guntur dan kilat yang terjadi malam itu. 

Hujan lebat mengakibatkan banjir besar yang menghancurkan fasilitas umum seperti jalan raya, pertokoan, perkantoran, dan perumahan warga. Dari pantauan Jubi di lapangan, mulai dari Kampung Doyo Baru hingga Pasar Lama Sentani, semua fasilitas umum rusak parah, puluha unit kendaraan terdampar di jalan raya, seperti dikutip dari Suara.com.

Jalan raya penuh lumpur, dan sisa bongkahan pohon besar yang dibawa oleh banjir semalam. Landasan pacu Adventist Aviation Mission, hanggar pesawat, satu unit pesawat dan helikopter yang parkir di hanggar juga terseret arus banjir sejauh ratusan meter hingga mencapai ruas jalan raya.

Baca Juga: Cungkring Pak Jumat, Kuliner Langka di Festival Jajanan Bango 2019

Perumahan yang berada di sekitar bandara juga rusak parah dan tertimbun pasir. BTN yang berdekatan dengan Polres Jayapura sebagian besar tertimbun lumpur dan pasir serta bongkahan pohon-pohon yang hanyut dari gunung di belakang RSUD Yowari.

Rumah warga yang tinggal di daerah Kemiri sebagian besar tertimbun pasir sampai menenggelamkan setengah rumah. Pangkalan LANUD Jayapura, kantor dan perumahan mess perwira rusak parah serta tertimbun pasir.

Kantor Kelurahan Hinekombe rusak parah, tertimbun pasir dan tertimpa pohon yang besar sehingga kantor nampak berantakan. Ruas jalan raya dari Doyo, Kemiri menuju sosial dan depan 751 Raider dipenuhi lumpur dan bongkahan kayu-kayu hutan.

Baca Juga: Festival Jajanan Bango 2019, Hadirkan Kuliner Langka Penuh Nostalgia

Warga berbondong-bondong memenuhi jalan raya, ada yang mencari keluarga mereka ada juga yang hanya datang untuk melihat peristiwa tadi malam. Para petugas dari TNI dan Polri serta LANUD Jayapura dan Masyarakat sedang bertugas mengatur arus lalulintas di jalan raya, dan mengevakuasi korban.

Pagi ini, dikabarkan sudah ada lima korban jiwa yang ditemukan di Kampung Doyo Baru, dan sedang dibawa ke RSUD Yowari.

SUARA.com/Pebriansyah Ariefana

Baca Juga: Masak Pizza untuk Muridnya, Aksi Guru Sekolah di Desa Ini Bikin Haru

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak