Sabtu, 16 November 2019

Malaysia Dilanda Gelombang Panas, Ribuan Ular Datangi Permukiman Penduduk

Diduga ular-ular ini kelaparan dan mencari tempat berlindung.

Angga Roni Priambodo | Arendya Nariswari
Ilustrasi ular masuk rumah. (Unsplash/Jordan Gellie)
Ilustrasi ular masuk rumah. (Unsplash/Jordan Gellie)

Guideku.com - Gelombang panas di Malaysia membuat banyak binatang mencari perlindungan tak terkecuali ular.

Menurut New Strait Times, ular di Malaysia ini meinggalkan habitatnya untuk berburu tikus dan mencari tempat berlindung.

Dilansir Guideku.com dari laman World of Buzz, catatan Departemen Pertahanan Sipil Malaysia mengungkapkan bahwa ada 1.046 ular ditangkap di daerah permukiman.

Jenisnya beragam, mulai dari ular piton, kobra dan beberapa ular berbisa lainnya.

Letnan Kolonel Che Adam A. Rahman selaku Kepala Pertahanan Sipil Negara Malaysia menunjukkan bahwa jumlah ular yang ditangkap meningkat 7 persen dibandingkan tahun lalu.

Ilustrasi ular. (Pixabay/pexels)
Ilustrasi ular. (Pixabay/pexels)

''Ular harus bertahan hidup dan mereka akan pergi ke daerah di mana ada makanan. Area perumahan adalah tempat terdekat di mana mereka bisa menangkap tikus,'' sebut Che Adam.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa selain karena musim kemarau, banyak ular yang meninggalkan habitatnya karena meningkatnya operasi pembangunan.

''Ular berkembang biak selama musim hujan karena banyaknya sumber makanan. Ini adalah musim panas ekstrem yang memaksa ular mencari perlindungan di daerah perumahan, terutama untuk mencari makanan dan tempat berlindung,'' imbuh Dr Teo Eng Wah.

Ilustrasi ular di permukiman warga. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi ular di permukiman warga. (Pixabay/Pexels)

Dr Teo Eng Wah dari Universitas Malaysia ini juga memperingatkan anggota masyarakat untuk tidak menangkap ular-ular ini sendiri.

Kecuali ada penduduk yang tahu betul apakah ular tersebut berbisa atau tidak.

Ular masuk permukiman penduduk ini tentu cukup membuat warga Malaysia khawatir.

''Hindari kontak. Cara terbaik berikutnya untuk mencegah ular muncul di atau dekat rumah adalah memastikan bahwa lingkungan bersih dari sampah yang menarik perhatian tikus.''

''Tapi jika masyarakat menemukan jenis spesies dilindungi seperti kobra ada baiknya segera menghubungi pihak berwajib,'' tambahnya.

Kebanyakan ular selalu akan menghindari kontak dengan manusia, warga diharap untuk berhati-hati selama gelombang panas berlangsung di Malaysia.

Terkait

Terkini