Travel

Menyibak Megahnya Panorama Alam Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Jawa

Di atas awan, segala keajaiban berada.

Vika Widiastuti | Aditya Prasanda

(Instagram/Abel Marufi)
(Instagram/Abel Marufi)

Guideku.com - Bertolak 7 kilometer dari komplek wisata Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Desa Sembungan berdiri menyuguhkan pesona alam nan menakjubkan.

Desa paling ujung di Dieng ini digadang-gadang sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 2.260 meter di atas permukaan laut.

Menyambangi Desa Sembungan, mudah kita dibuat terpesona, disergap sejuknya udara dingin dan lanskap alamnya nan menawan dengan hamparan perkebunan carica. 

(Instagram Abel Marufi)
(Instagram Abel Marufi)

Di sekitar desa, para wisatawan dapat menikmati beragam destinasi wisata menarik, dari Bukit Sikunir, Air terjun Sikarim, Gunung Seroja, Gunung Pakuwojo hingga Telaga Cebong.

Salah satu objek wisata yang jadi favorit para wisatawan yakni Bukit Sunrise yang menyuguhkan lanskap strategis untuk menikmati atraksi matahari terbit.

(Instagram Hadi Wibowo)
(Instagram Hadi Wibowo)

Tak hanya Bukit Sunrise, para wisatawan juga dapat menikmati panorama alam yang tak kalah menarik di Telaga Cebong dengan perairannya nan bening dan dipagari perbukitan hijau nan meneduhkan.

(Wikimedia Commons Kurniawan Dwi)
(Wikimedia Commons Kurniawan Dwi)

Menyisir perjalanan menuju Desa Sembungan, kita harus bertolak dari Wonosobo, melintasi jalan raya Dieng menuju Dieng Kulon. Dalam perjalanan, kita akan melintasi Desa Sikunang sebelum mejejakkan kaki di Desa Sembungan.

Berita Terkini