Rabu, 24 April 2019

Hanum Rais Menolak Bandara Baru Yogyakarta Dioperasikan Sebelum Pemilu 2019

Ini alasannya!

Dany Garjito
Hanum Rais (Instagram)
Hanum Rais (Instagram)

Guideku.com - Hanum Rais, putri dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, menolak operasional Bandar Udara Baru Yogyakarta (BUBY) dilakukan pemerintah sebelum 17 April 2019 atau sebelum hari pencoblosan Pemilu 2019. Penolakan Hanum Rais tersebut berdasarkan investigasi Ombudsman RI yang menilai bandara BUBY belum laik beroperasi.

Penolakan disampaikan Hanum Rais melalui akun Twitternya @hanumrais pada Kamis (4/4/2019) kemarin. Hanum Rais menganggap rencana pengoperasian bandara pada 7 April mendatang untuk pencitraan pemerintah di era Presiden Jokowi.

"Wahai rezim penguasa, demi pencitraan, kau korbankan keselamatan dan keamanan para penumpang. Tolak pemaksaan operasional Bandara NYIA sebelum 17 April!," tulis Hanum seperti dikutip Suara.com, Jumat (5/4/2019).

Anggota Ombudsman RI Alvin Lie sebelumnya menganggap pembangunan Bandara BUBY yang berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta masih harus dituntaskan dan tidak bisa dipaksakan beroperasi pada 7 April 2019. Menanggapi hal itu, Hanum pun menilai ada unsur pemaksaan dari pemerintah demi mendapatkan pencitraan baik di masa kampanye.

Ombudsman RI merekomendasikan penundaan operasional Bandar Udara Baru Yogyakarta yang sedianya dilakukan pada 7 April 2019. Sebab Bandar Udara Baru Yogyakarta belum laik beroperasi.

Jika Bandar Udara Baru Yogyakarta dipaksakan operasional sebagian pada 7 April 2019, maka BUBY berpotensi belum memenuhi standar pelayanan publik untuk penyelenggaraan bandar udara internasional. Sementara BUBY belum layak beroperasi, Bandar Udara Adisutjipto masih layak difungsikan hingga BUBY tuntas pembangunannya dan memenuhi berbagai persyaratan dan standar pelayanan publik.

"Ombudsman RI menilai bahwa Bandar Udara Baru Yogyakarta (BUBY) belum layak untuk dioperasikan pada tanggal 7 April 2019," tulis Alvin Lie dalam laporan itu yang dikutip Suara.com langsung dari laporan investigasi tersebut, Rabu (3/4/2019).

SUARA.com/Ria Rizki Nirmala Sari

Terkait

Terkini