Minggu, 19 Mei 2019

Ingin Jadi Pilot Termuda, Gadis 7 Tahun Tewas Saat Terbang Lintas Negara

Mimpinya jadi pilot termuda berakhir tragis.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Ilustrasi Pilot Termuda (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi Pilot Termuda (Pixabay/Free-Photos)

Guideku.com - Di tahun 1996 silam, seorang gadis berusia 7 tahun asal California menemui akhir tragis saat hendak memecahkan rekor pilot termuda.

Gadis bernama Jessica Dubroff tersebut diketahui tengah melakukan penerbangan lintas negara bersama ayah dan instrukturnya, seperti dirangkum dari New York Times.

Saat itu, Jessica memiliki misi untuk terbang lintas negara. Jessica juga diketahui telah membuat rencana penerbangannya sendiri demi misi ini.

Dimulai dari California, pesawat milik Jessica sempat mendarat di Cheyenne dan hendak meneruskan ke Indiana.

Namun, tak lama setelah lepas landas, pesawat nahas itu malah jatuh akibat hujan lebat dan badai.

Ilustrasi Pilot Termuda (Pexels)
Ilustrasi Pilot Termuda (Pexels)

Jessica Dubroff sendiri diketahui menggunakan pesawat kecil model Cessna 177B yang dapat memuat 4 penumpang.

Meski saat itu Jessica diperbolehkan untuk mengontrol pesawat, namun instrukturnya Joe Reid dapat dengan mudah mengambil alih kemudi di situasi emergensi.

Sayang, pesawat Cessna 177B itu keburu jatuh di daerah perumahan warga dan menabrak jalanan.

Salah satu saksi mata saat itu mengatakan bahwa pesawat yang ditumpangi Jessica, ayah, dan instrukturnya mendadak jatuh menukik dan menghantam jalanan dengan posisi hidung pesawat lebih dulu.

Peristiwa ini pun sukses membuat warga sekitar dan rakyat Amerika geger. Tak heran, malam sebelumnya Jessica dan ayahnya bahkan sempat melakukan konferensi pers.

Ilustrasi Pesawat Kecil (Pixabay/lorozco0993)
Ilustrasi Pesawat Kecil (Pixabay/lorozco0993)

''Dia benar-benar cinta terbang. Ini bermula dari petualangan ayah-anak dan telah berkembang menjadi sesuatu yang menakjubkan,'' ujar ayah Jessica saat itu.

Jessica sendiri mengatakan jika dia benar-benar cinta terbang dan ingin terus terbang hingga dia meninggal. Sayang, mimpinya harus kandas karena insiden ini.

Menanggapi gagalnya Jessica Dubroff memecahkan rekor pilot termuda, banyak yang bertanya apakah anak di bawah umur seharusnya diperbolehkan untuk terbang.

Meski begitu, pakar aviasi menyatakan bahwa pertanyaan sesungguhnya adalah mengapa pesawat Jessica diperbolehkan untuk lepas landas saat badai lebat tengah berlangsung.

Terkait

Terkini