Minggu, 16 Juni 2019

Menyibak Kemegahan 4 Patung Paling Monumental di Berbagai Negara

Simbol peradaban.

Dinar Surya Oktarini | Aditya Prasanda
Patung Garuda Wisnu Kencana. (Instagram/@gwkbali)
Patung Garuda Wisnu Kencana. (Instagram/@gwkbali)

Guideku.com - Sejak ribuan tahun lalu, patung, salah satu karya seni tertua di muka bumi, menjelma simbol gengsi dan kebanggaan sebuah bangsa dan negara.

Sejarah mencatat, beberapa di antara patung tersebut menjelma artefak perabadan paling luhur. Empat di antara deretan patung di berbagai belahan dunia tersebut, Guideku.com himpun di sini. Apa saja?

Jatayu Earth di India

Jatayu Earth, patung burung terbesar di muka bumi ini membentang sepanjang 60 meter dengan ketinggian sekitar 21 meter di Kerala, India.

Patung ikonik buah karya pematung, Rajiv Anchal ini terinspirasi dari Jatayu, burung mitologi yang kerap dikisahkan dalam pewayangan India.

Selesai dibangun pada tahun 2017 setelah melewati proses pembangunan sekitar 5 tahun, destinasi wisata ini dapat disambangi sedari pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat.

(Instagram Gezgintivi)
(Instagram Gezgintivi)

 

Menyambangi Jatayu Earth, kita harus bertolak sekitar 35 kilometer dari stasiun terdekat, Kollam Junction.

Selain dapat diakses menggunakan cable car, Jatayu Earth juga menyediakan fasilitas helipad untuk kamu yang hendak berkunjung menggunakan helikopter.

Lè Shn Giant Buddha di China

Lè Shn Giant Buddha, patung Buddha yang menjulang setinggi 71 meter di Provinsi Sichuan, China ini disebut sebagai patung Buddha tertinggi di muka bumi.

Saking besarnya, patung Buddha yang berdiri di sekitar kawasan perlintasan kapal setempat ini bahkan disebut memiliki jari tangan sebesar tubuh manusia dewasa.

Meski menjadi salah satu objek wisata populer di Sichuan, patung ini sempat ditutup untuk umum sebab mengalami kerusakan berupa retakan di bagian dada dan perutnya, terhitung sejak enam bulan lalu.

(Wikimedia Bright Raven)
(Wikimedia Bright Raven)


 

Betapapun patung berusia 1200 tahun tersebut dilengkapi sistem pengeringan cuaca yang sanggup mencegah pelapukan ekstrem di dalam patung, nahas beberapa kerusakan tak terhindarkan.

Para peneliti dan pengelola pun dengan cepat melakukan perbaikan pada patung demi menghindari kerusakan yang lebih parah.

Setelah enam bulan renovasi dilakukan, laporan Lonely Planet menyebut patung ini sudah siap kembali dibuka.

(Wikimedia Keirn)
(Wikimedia Keirn)


 

Lè Shn Giant Buddha sendiri merupakan satu dari empat patung yang disakralkan umat Buddha.

Patung Moai di Chile

Patung-patung separuh badan tanpa lengan, dengan ukiran wajahnya yang khas berdiri di Pulau Paskah, Chile selama beratus-ratus tahun.

Pesonanya nan magis tak henti memantik kagum dan penasaran dari wisatawan dan para peneliti yang mengunjungi pulau ini.

Tak sedikit pertanyaan yang menggelayuti para peneliti soal keberadaan karya seni primitif tersebut.

(Pixabay Walkerssk)
(Pixabay Walkerssk)

 

Patung Garuda Wisnu Kencana di Indonesia

Garuda Wisnu Kencana (GWK) patung setinggi 121 meter ini berdiri dengan gagah di atas lahan seluas 60 hektar di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Di bawahnya, sebuah alas penyangga selebar 46 meter membentang, menahan beban patung teringgi kedua di dunia setelah Spring Temple Buddha di Tiongkok tersebut.

Patung garuda Wisnu Kencana di Bali (Instagram/gwkbali)
Patung garuda Wisnu Kencana di Bali (Instagram/gwkbali)

 

Terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, Patung GWK dikerjakan 120 pekerja dengan teknik pengelasan dan peralatan yang sederhana.

Patung Garuda Wisnu Kencana (Instagram/GWKbali)
Patung Garuda Wisnu Kencana (Instagram/GWKbali)

 

Dengan ukurannya yang lebih tinggi dari patung Liberty di AS, patung GWK boleh dibilang merupakan salah satu patung tembaga terbesar di dunia.

Terkait

Terkini