Minggu, 25 Agustus 2019

Berlibur ke Raja Ampat Sepanjang Juni 2019, Waspada Gelombang Angin Selatan

Demi keselamatan bersama.

Galih Priatmojo | Aditya Prasanda
Raja Ampat, Indonesia. (Pixabay/Ady_Fauzan)
Raja Ampat, Indonesia. (Pixabay/Ady_Fauzan)

Guideku.com - Raja Ampat, destinasi wisata di Papua Barat ini terkenal dengan keelokan lanskap alamnya nan menakjubkan. Tak heran, pesona alamnya nan menawan menarik minat wisatawan tak hanya di dalam negeri namun juga mancanegara.

Meski demikian, berpikirlah kembali jika hendak berlibur ke Raja Ampat sepanjang Juni 2019 ini, sebab musim gelombang angin selatan mulai menerpa kawasan pesisir barat Bumi Cenderawasih tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo mengimbau seluruh agensi wisata, baik travel maupun kapal wisata yang beroperasi di sekitar kawasan Kabupaten Raja Ampat dari Waigeo hingga Misool untuk mengutamakan keselamatan wisatawan sebab kondisi laut yang mulai bergelombang.

"Mari kita berikan pelayanan yang terbaik, terutama memberikan kenyamanan dan mengutamakan keselamatan bagi wisatawan, agar Raja Ampat terus dikenang dan mereka bisa kembali lagi," ujar Yusdi Lamatenggo seperti dikutip Guideku.com dari Antaranews.

Untuk itu setiap transportasi laut yang menyisir perjalanan di kawasan Raja Ampat, wajib memastikan alat-alat keselamatan demi meminimalisir kondisi terburuk apabila kecelakaan terjadi.

Salah satu kapal milik Pelni di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. [pelni.co.id]
Salah satu kapal milik Pelni di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. [pelni.co.id]

Yusdi juga mengimbau agar kapal wisata yang melintasi perairan Raja Ampat melaporkan keberadaan mereka pada tim terpadu di Waisai, Ibu kota Kabupaten Raja Ampat, sehingga memudahkah proses pencarian apabila kecelakaan tak terhindarkan.

Sementara itu sepanjang libur Lebaran 2019, jumlah kunjungan wisatawan baik asing maupun domestik ke Raja Ampat mengalami penurunan sekitar 30 persen, hal ini ditenggarai harga tiket pesawat ke Papua yang melambung tinggi selama sebulan terakhir.

Terkait

Terkini