Yakin Masih Mau Jadi Travel Blogger? 9 Hal Ini Patut Kamu Pertimbangkan

Benarkah profesi sebagai pembuat konten travel tidak seindah fotonya?

Dany Garjito
Selasa, 30 Juli 2019 | 17:00 WIB
Tidur. (Unsplash)

Tidur. (Unsplash)

Guideku.com - Quote liburan 'Lakukan apa pun yang Anda inginkan, jika pekerjaan Anda membosankan maka bepergianlah!' sepertinya cukup menginspirasi banyak orang untuk melakukan perjalanan liburan sesering mungkin.

Maka wajar jika profesi baru bermunculan dari mereka yang terinpirasi dari nikmatnya bekerja dengan hanya jalan-jalan ke berbagai tempat. Mulai blogger, selebgram hingga youtuber travel pun menjadi profesi idaman.

Banyak orang diam-diam cemburu pada blogger perjalanan karena jalan-jalan merupakan bagian dari pekerjaan mereka, ya update berbagai tempat dari penjuru negara pun jadi bukti indahnya perjalanan mereka. 

Baca Juga: Main ke Museum, Ini 6 Lukisan Terbaik di Dunia untuk Dikunjungi

Tapi ada yang bersembunyi di balik foto-foto keren ini? Apakah hidup mereka benar-benar sehebat dan setenang kelihatannya?

Ini alasannya mengapa bepergian sepanjang waktu tidak sekeren kelihatannya.  Dilansir dari Bright Side, ini keluh kesah yang tidak pernah dipertunjukkan para pemburu konten blogger, selebgram hingga youtuber travel ini kepada khalayak.

1. Tidak adanya penghasilan yang stabil

Baca Juga: Tak Kalah Lezat, Intip 5 Kuliner Idul Adha dari Seluruh Dunia

Aturan umumnya adalah Anda tidak boleh mengharapkan uang untuk tahun pertama. Sebagian besar pengiklan, apakah itu agen tautan atau perusahaan perjalanan, tidak akan bekerja dengan situs yang berumur kurang dari satu tahun. Kenapa tidak? Anda belum membuktikan diri sebagai investasi. Tetapi bahkan blogger yang berpengalaman pun tidak memiliki stabilitas keuangan.

"Terkadang, saya mendapat banyak uang, dan terkadang saya bangkrut. Adalah penting untuk memiliki tabungan dan merencanakan pengeluaran Anda dengan bijak, ”kata Kate McCulley, pencipta blog Adventurous Kate.

Kehilangan uang setidaknya untuk tahun pertama. Perjalanan, perlengkapan, akomodasi, dan sumber daya pendidikan semuanya membutuhkan uang.

Baca Juga: Gaji Kurang Banyak, Pramugari Ini Beri Layanan Mesum di Toilet Pesawat

"Salah satu penyesalan terbesar saya adalah tidak menabung lebih banyak sebelum terjun ke blogging perjalanan penuh waktu. Begitu banyak hal yang dapat membantu saya melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru, meningkatkan blog saya dan kualitas foto dan video saya, dan bahkan pemasaran saya, membutuhkan biaya, ”kata Jennifer O'Brien, pendiri The Travel Women.

2. Ini adalah pekerjaan 24/7, bukan hanya beberapa jam per hari

Ilustrasi seorang perempuan sedang berjalan sendirian (Shutterstock).
Ilustrasi seorang backpacker sedang solo travel. (Shutterstock).

Nelly Juan, pencipta WildJunket. menuturkan kebanyakan orang berpikir yang ia lakukan hanyalah bepergian dan menulis posting blog 1 atau 2. Padahal pekerjaan ini cukup keras dan bahkan ia mengaku tidak pernah merasakan pekerjaan sekeras ini.

"Ketika saya pertama kali memulai travel-blogging, saya akan menghabiskan 12-14 jam sehari bekerja di laptop. Saya sepenuhnya mendedikasikan waktu dan energi saya untuk membuat situs web dan mengubahnya menjadi bisnis. Menjalankan blog perjalanan jauh lebih dari sekadar menulis posting blog: sisa waktu saya dihabiskan untuk merespons ratusan email sehari, bernegosiasi dengan calon pengiklan dan klien, mengedit foto, membuat video, dan membangun jaringan dengan pelanggan dan lainnya blogger. Selalu ada sesuatu yang ingin saya lakukan untuk membawa bisnis saya ke tingkat yang lebih tinggi, "kata Nelly Juan, pencipta WildJunket.

“Blogging perjalanan adalah industri yang sangat kompetitif dan setiap klik sulit diperjuangkan. Butuh keringat dan air mata untuk meningkatkan lalu lintas kami setiap bulan, ”kata Ellaine dan Dave, pencipta The Whole World is a Playground.

3. Bergantung pada teknologi

Elaine (dari The Whole World is a Playground) menuturkan cukup tersiksa khususnya untuk suaminya yang harus mendapatkan foto terbaik bagaimanapun keadaannya.

"Kami tidak diperbolehkan makan sedikitpun atau minum sedikit saja sebelum difoto. Karena, bagaimanapun objek foto harus tampak sempurna saat difoto. Maka situasi dimana suami saya harus memanjat tembok, berbaring di tanah, di reruntuhan yang sepi, disemak-semak mendesis sambil menunggu matahari terbit tetapi foto-foto itu benar-benar sepadan! "Bagikan Elaine (dari The Whole World is a Playground).

Karena harus berada di banyak situasi dan kondisi untuk memotret maka para pemburu konten ini pun bepergian dengan banyak peralatan fotografi mahal dan elektronik seperti  kamera, laptop, baterai eksternal, dan pengisi daya.

"Itu juga membuat saya membawa ransel 20 kilogram ke mana pun saya pergi, yang dapat mengganggu dan melelahkan. Saya juga harus sangat berhati-hati dengan tempat saya tinggal dan di mana saya meninggalkan barang-barang saya untuk memastikan itu tidak dicuri. Saya juga selalu membutuhkan internet, dan ketika tidak ada Wi-Fi di beberapa lokasi terpencil, itu membuat saya sangat gugup,”keluh Nelly Juan (WildJunket).

4. Proses panjang, Banyak aturan

“Jangan salah paham. Saya suka menulis! Saya kira saya harus mengatakan blog saat ini harus melayani tujuan dan mengisi apa yang akan menjadi daya tarik pembaca. Ada begitu banyak aturan yang harus diikuti," kata Anna (Slightly Astray).

5. Membuat kehidupan nyata terlihat jauh lebih baik, padahal...

Ilustrasi makan. (Unsplash/Jorge Saavedra)
Ilustrasi makan. (Unsplash/Jorge Saavedra)

“Saya baru-baru ini melakukan obrolan video dengan seorang blogger perjalanan ke luar negeri. Dia menghubungi saya saat berada di sebuah  perjalanan dan merasa lelah, kurang tidur, dan stres. Ketika kami mengucapkan selamat tinggal, dia khawatir tentang awal keracunan makanan dan tampak sangat membutuhkan istirahat. Keesokan harinya, saya bangun untuk melihat foto yang dia posting di media sosial. Dalam foto itu, dia tampak berseri-seri dan menikmati tempat tersebut. Dalam hati saya bertanya Apakah ini orang yang sama yang saya ajak bicara malam sebelumnya? Menggambarkan realitas yang indah - terlepas dari apa yang terjadi - telah menjadi bagian dari game blogging perjalanan, ”jurnalis perjalanan Nikki Vargas berbagi.

6. Sulit berkomunikasi dengan keluarga dan teman

“Kami kehilangan kontak dengan keluarga dan teman. Keponakan kami tumbuh besar dan kami melewatkan semuanya. Walaupun bisa melalui Facebook dan Skype memungkinkan mengobrol online secara teratur, namun tidak ada yang lebih baik daripada kontak manusia, ”kata duo blog perjalanan Dave & Deb dari The Planet D.

"Dulu ketika saya mulai, kami semua berusia 20-an dan bepergian keliling dunia benar-benar dapat diterima, tetapi sekarang saya berusia 33 tahun dan sebagian besar teman saya sudah menikah dan punya anak. Kadang-kadang ini mengasingkan saya dari kehidupan sehari-hari mereka, ”travel blogger Shannon O'Donnell berbagi.

7. Sulit punya hubungan yang serius

“Selain tidak berada di satu lokasi cukup lama untuk benar-benar berkencan, sangat sulit untuk menggambarkan apa yang saya lakukan untuk kencan pertama. Saya suka berbicara tentang pekerjaan saya, tetapi suntuk kencan pertama, itu aneh bagi saya. Saya juga bertemu pacar sebelumnya saat bepergian dan mencoba dan gagal pada hubungan jarak jauh yang lebih menantang, ”kata Jen dari The Travel Women.

“Ketika kamu bertemu seseorang yang kamu suka di negara asing, selalu ada hal yang harus dipikirkan. Jika Anda memutuskan untuk membuatnya bekerja dalam jangka panjang, pada akhirnya Anda berdua harus memutuskan untuk tinggal di tempat baru, atau salah satu dari Anda harus pindah melintasi dunia untuk bersama dengan yang lain, ”catat Victoria Bredwood, yang pencipta Pommie Travels.

8. Kenangan dari perjalanan menjadi kurang tajam

Ilustrasi Traveling Tanpa Rencana (Pixabay)
Ilustrasi Traveling Tanpa Rencana (Pixabay)

"Ketika seseorang mengambil cuti dari pekerjaan, rasanya istimewa dan menyenangkan. Mereka memiliki sesuatu untuk dinantikan untuk sementara waktu. Tapi tiba-tiba ketika kamu bepergian sepanjang waktu, itu kehilangan perasaan istimewa itu. Aku mulai menerima begitu saja. Hal-hal mulai terlihat sama. Saya telah melihat begitu banyak gereja, air terjun, matahari terbenam, dan kuil-kuil yang semuanya mulai berbaur menjadi satu. Saya kira Anda dapat menyamakan kecanduan perjalanan dengan segala jenis kecanduan. Hal-hal menjadi kurang menyenangkan dan tiba-tiba Anda membutuhkan lebih banyak dan lebih banyak untuk menghasilkan kegembiraan yang sama, "kata Victoria Bredwood, (Pommie Travels)

9. Rasa menyiksa ketidakpastian dan merasa rindu rumah

“Melelahkan hidup dari koper. Mengepak, membongkar, tinggal di kamar asrama dan hotel, memesan penerbangan, merencanakan rute bus, membaca peta. Semuanya jadi sedikit melelahkan. Terkadang saya hanya tidak mau harus memikirkan apa pun. Saya ingin bekerja di komputer saya, memasak makanan yang layak di rumah, pergi ke gym, dan tidak melakukan banyak hal lain. Saya ingin bisa meletakkan pakaian yang terlipat rapi di lemari alih-alih hidup di luar tas. Saya ingin bisa mencuci di rumah alih-alih keluar untuk menyelesaikannya. Saya membutuhkan setidaknya pangkalan semi permanen. Di suatu tempat saya bisa menghabiskan setidaknya sebulan. ”Victoria Bredwood menjelaskan (Pommie Travels).

Terlepas dari semua kerugian dari kehidupan blogger perjalanan, sebagian besar dari mereka tidak ingin melepaskan profesi ini. Tetapi beberapa pelancong menyerah pada perjalanan singkat dan cepat di mana tujuannya adalah untuk mengambil foto yang sempurna dan berbicara singkat tentang pemandangan lokal. Pariwisata sadar menjadi semakin populer. Tujuan dari pariwisata sadar adalah untuk meminimalkan dampak pariwisata terhadap lingkungan dan meningkatkan pengaruh positif pada kehidupan penduduk setempat.

Bagaimana apakah Anda masih yakin untuk menjadi travel blogger?

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak