Kamis, 17 Oktober 2019

Bermukim ke Molise, Digaji Ratusan Juta, Ini Syaratnya

Hmmm, siap tinggal di desa ini?

Dany Garjito | Aditya Prasanda
Ilustrasi desa. (Wikimedia Commons)
Ilustrasi desa. (Wikimedia Commons)

Guideku.com - Molise, sebuah kawasan pedesaan cantik di timur Roma, Italia ini menawarkan Rp 300 juta bagi pengunjung yang mau bermukim di sini.

Kawasan pedesaan di pegunungan dengan bentangan garis pantai Laut Adriatik ini terkenal dengan keelokan padang rumput dan puncak gunung bersaljunya nan menawan. Di dalamnya, terdapat sekitar 106 desa.

Namun lanskap alam nan permai tak serta merta membuat pedesaan ini dicintai penduduknya sendiri. Kawasan pedesaan Molise kian sepi penduduk, sebab banyak dari mereka memilih berpindah ke perkotaan.

Antonio Tedeschi, anggota dewan setempat mengusulkan ide menggaji siapa pun yang berminat bermukim di Molise.

"Saya tidak ingin Molise jadi kawasan berhantu. Kami harus menjaga pedesaan ini," ungkap Tedeschi seperti dikutip Suara.com dari CNN Travel International.

Setiap wisatawan yang berminat bermukim di Molise, minimal harus mau menempati pedesaan ini selama tiga tahun lamanya.

Para penduduk bayaran akan memperoleh gaji setara Rp 11 juta per bulan dan mereka diwajibkan berbisnis sehingga dapat berkontribusi pada arus perputaran ekonomi setempat.

Dalam beberapa tahun terakhir, tercatat ribuan orang meninggalkan Molise. Bahkan pada tahun 2014, tercatat 9 ribu penduduk meninggalkan kawasan ini. Kini Molise tercatat hanya dihuni sekitar 2 ribu penduduk.

Terkait

Terkini