Mulai Oktober, Berlibur ke Italia, Wajib Punya Surat Keterangan Bebas Polio

Nah lho.

Angga Roni Priambodo | Aditya Prasanda
Jum'at, 20 September 2019 | 13:00 WIB
Venesia di Italia. (Unsplash/Thomas Haas)

Venesia di Italia. (Unsplash/Thomas Haas)

Guideku.com - Per Oktober 2019, otoritas Italia akan menerapkan aturan baru bagi setiap wisatawan yang hendak dan tengah menyambangi Negeri Spageti menggunakan visa Schengen. Tak terkecuali wisatawan asal Indonesia.

Keterangan VFS Global, kantor perwakilan pengurusan visa di Indonesia menyebut setiap wisatawan Indonesia yang menggunakan visa Schengen harus turut menyertakan surat keterangan vaksin bebas polio.

Syarat tambahan yang mulai berlaku per 1 Oktober 2019 ini merupakan usulan Kementerian Kesehatan ltalia, Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama lnternasional, serta Kedutaan Besar Italia yang ingin menekan potensi penyebaran virus polio dari para pendatang.

Baca Juga: Tak Dengar Pengumuman Boarding, Ayah dan Anak Lari Kejar Pesawat

"Diberitahukan kepada pemohon visa di lndonesia (termasuk yang telah berada di Italia selama sebulan) agar melengkapi permohonan visanya. Selain menggunakan dokumen pendukung yang jadi syarat wajib, juga dengan "lnternational Certificate of Vaccination or Prophylaxis" yang menyatakan bahwa pemohon visa telah diberikan vaksin polio sekitar 4 minggu hingga 12 bulan sebelum rencana keberangkatan mereka," tulis keterangan di VFS Global.

Dengan aturan baru ini, wisatawan yang tak menyertakan surat keterangan vaksin bebas polio tak akan diterima permohonan visanya.

Selain memiliki surat keterangan vaksin bebas polio, wisatawan Indonesia dengan visa Schengen juga wajib menyertakan rekening koran selama tiga bulan terakhir serta asuransi perjalanan dengan biaya tanggungan minimal 30 ribu euro.

Baca Juga: Kisah Para Kashivasis, Mereka yang Siap Mati dan Dilarung di Sungai Gangga

Sementara wisatawan dengan kunjungan wisata singkat, akan dikenakan biaya Rp956 ribu per orang. Dan wisatawan usia anak 6-12 tahun dikenakan biaya Rp565 ribu per orang.

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak