13 Pendaki Terjebak saat Kebakaran Hutan di Jalur Pendakian Gunung Raung

Kebakaran hutan di Gunung Raung terlihat dari Jatirono, Kalibaru, Banyuwangi.

Dany Garjito
Sabtu, 05 Oktober 2019 | 12:05 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan di gunung. (Pixabay)

Ilustrasi kebakaran hutan di gunung. (Pixabay)

Guideku.com - Kebakaran di Gunung Raung Jawa Timur. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (5/10/2019), dan dapat terlihat dari Pos 1 Jatirono, Kalibaru, Banyuwangi. Dikutip dari kantor berita Antara, dalam kebakaran hutan di jalur pendakian Gunung Raung ini sebanyak 13 pendaki terjebak di pos 9 pendakian, di antaranya tujuh pendaki asal Singapura.

Banyuwangi terletak di bagian paling timur Pulau Jawa dan memiliki wilayah pesisir sekaligus dataran tinggi. Terdapat daerah gugusan gunung di Banyuwangi yang membuatnya memiliki dataran tinggi dengan dua gunung, yaitu Gunung Raung dan Gunung Ijen. Keduanya kondang di kalangan pendaki dengan kawah raksasanya.

Dekat dengan air laut karena berada di pesisir, dataran tinggi penghasil belerang, dan letak geografis perkebunan kopi di pegunungan yang menghadap timur menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Jawa dengan rasa yang unik.

Baca Juga: Mantap! BCL Naik Pesawat Wide Body Pertama yang Mendarat di YIA

Salah satu kopi tenar asal Banyuwangi adalah jenis Glen Nevis, ditanam di lereng Gunung Terong dalam kawasan perusahaan perkebunan PT Glen Nevis yang bergerak di bidang kopi dan karet.

Jika kopi Ijen memiliki keunikan dari semburan belerang di tanah pegunungan, kopi Glen Nevis diproses dengan dicuci menggunakan air dari sumber air panas di Gunung Terong.

Tidak hanya unggul dari perkebunan kopi, di Banyuwangi juga terdapat sebuah desa yang bisa disebut sebagai "ibu kota kopi" di Banyuwangi, yaitu Desa Kemiren. Dan desa ini telah menjadi desa wisata yang menawarkan berbagai hal mulai dari proses pengolahan kopi tradisional, cagar budaya rumah adat suku Osing yaitu masyarakat asli Banyuwangi, dan Festival Ngopi Sepuluh Ewu (sepuluh ribu cangkir kopi) yang diadakan tiap 12 Oktober setiap tahunnya.

Baca Juga: Tampak Menyegarkan Tapi Aslinya Jorok, Pendaki Ini Makan Salju Pakai Sirop

SUARA.com/RR Ukirsari Manggalani

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak