Kamis, 05 Desember 2019

Mengintip Kebun Senaru, Destinasi Untuk Pecinta Kopi dan Alam

Kebun kopi Senaru menawarkan wisata ke perkebunan kopi yang dihiasi sepasang air terjun.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Kebun Kopi Senaru (Google Maps)
Kebun Kopi Senaru (Google Maps)

Guideku.com - Kebun teh bukan merupakan satu-satunya wisata perkebunan yang dapat dikunjungi di Indonesia. Bagi Anda pecinta kopi, tak ada salahnya jika Anda juga menjajal wisata ke kebun kopi.

Indonesia sendiri dikenal memiliki banyak kebun kopi yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya adalah Kebun Kopi Senaru di Lombok.

Kebun Kopi Senaru merupakan salah satu spot wisata kopi yang banyak dicari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Kebanyakan kopi yang ditanam di sini adalah kopi jenis robusta.

Jika dilihat dari foto-foto yang bertebaran di Instagram, Kebun Kopi Senaru memang menyajikan sebuah spot berfoto yang cantik dari ketinggian.

Di sana, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara di kebun kopi sembari menyesap kopi dan melihat panorama alam yang hijau di sekitar.

Kebun Kopi Senaru (instagram.com/archiebow)
Kebun Kopi Senaru (instagram.com/archiebow)

Keunggulan Kebun Kopi Senaru tak hanya itu saja. Dari sini, wisatawan juga bisa menyajikan dua air terjun terkenal di Lombok yang berada di kaki Gunung Rinjani.

Namanya adalah air terun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Air terjun Tiu Kelep berada di bagian yang lebih tinggi, sementara Sendang Gile berada di bawahnya.

Jika berkunjung ke Kebun Kopi Senaru, maka kedua air terjun cantik tersebut akan terlihat dari ketinggian dan seolah-olah membelah pepohonan hijau yang ada.

Kebun Kopi Senaru (instagram.com/erytriana_iie)
Kebun Kopi Senaru (instagram.com/erytriana_iie)

Kebun Kopi Senaru sendiri bisa dicapai melalui jalur pendakian Rinjani yang melewati Senaru. Meski begitu, travelers tidak perlu khawatir karena rute yang ada tidak begitu sulit.

Selain itu, travelers juga tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat ini. Cukup membayar Rp 5.000 saja untuk parkir motor.

Nah, pecinta kopi tertarik untuk menjajal wisata ke kebun kopi yang satu ini?

Terkait

Terkini