Berenang di Danau, Penis Pria Ini Dimasukki Cacing sampai Nyaris Tewas

Ia terinfeksi cacing parasit saat wisata dan berenang di danau air tawar.

Dany Garjito
Senin, 18 November 2019 | 13:00 WIB
Ilustrasi berenang. (Pixabay)

Ilustrasi berenang. (Pixabay)

Guideku.com - James Michael (32), seorang pria asal Inggris nyaris meregang nyawa akibat penisnya terinfeksi parasit setelah berenang di Danau Malawi di Afrika Tenggara.

Saat itu James hendak belibur dengan teman-temannya. Mereka pun melakukan perjalanan dari Zambia ke Zimbabwe sebelum mengunjungi Danau Malawi.

Mereka pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan berenang dan berkano setiap hari di Danau Malawi, sebelum kembali pulang ke Inggris.

Baca Juga: Pramugara Lion Air Suapi Penumpang Lanjut Usia, Aksinya Tuai Pujian

Setahun setelahnya, James mulai merasakan kedua kakinya mati rasa. Tetapi, ia mengira hanya karena kelelahan bersepeda.

Sampai akhirnya James pergi ke dokter karena merasa naik turun tangga saja sudah melelahkan. Dokter pun hanya memberinya antibiotik dan mengizinkan James pulang.

Seminggu kemudian, James mulai merasa kondisinya semakin buruk sehingga memutuskan pergi ke Rumah Sakit Westminster. Ia pun menjelaskan kondisinya yang semakin tak karuan.

Baca Juga: Wulan Guritno Berenang Bareng Shaloom Razadee, Warganet Gagal Fokus

"Saya pergi ke departemen neurologi dan melakukan tes darah untuk mengetahui penyebabnya. Mereka menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh saya menyerang bagian tulang belakang sehingga membuat kaki mati rasa," ujarnya dikutip dari The Sun.

James lantas hanya diberikan steroid untuk mengatasi keluhannya, tetapi dokter juga belum mengetahui persis penyebabnya.

Seorang dokter dari Rumah Sakit untuk penyakit tropis lantas memberi tahu James bahwa cacing parasit telah merangkak dari penisnya dan bertelur di dalam tubuhnya.

Baca Juga: Tragis, Berenang di Lepas Pantai, Pria Ini Tewas Diserang Hiu Ganas

Akhirnya, dokter mendiagnosis James menderita schistosomiasis, yakni infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit dari air tawar di daerah tropis, paling umum ditemukan di Afrika.

Menurut dokter, cacing itu telah bergerak melalui darah ke hati dan usus kemudian bertelur. Beberapa telur kemudian diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya.

"Itu infeksi yang mematikan jika tidak ditangani dengan benar. Saya hanya memiliki 30 persen kemungkinan mampu bertahan hidup. Saya diberi tahu akan pulih sepenuhnya setelah 10 tahun. Kondisi ini sangat mengerikan dan aku merasa tidak berdaya," ujarnya.

Akibat penyakit tersebut, James menghabiskan waktu 3 bulan di rumah sakit. Setelah keluar, ia juga beraktivitas menggunakan kursi roda atau kruk.

Perlu diketahui orang yang menderita schistosomiasis seperti James biasanya mengalami gejala suhu tinggi, diare, nyeri otot, sakit perut dan ruam gatal.

Beberapa orang dengan penyakit ini bisa mengembangkan masalah yang lebih serius pada bagian-bagian tubuh yang telah dilalui telur. Tanpa pengobatan, organ yang terinfeksi bisa mengalami kerusakan permanen.

SUARA.com/Shevinna Putti Anggraeni

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak