Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro, Ini Pesannya

Tak sendirian, Jokowi didampingi pula oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, Bupati Bantul Suharsono, Bupati Kulon Progo Sutedjo, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dany Garjito
Selasa, 31 Desember 2019 | 15:30 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba jembatan yang menghubungkan Kabupaten Kulonprogo dan Bantul di Bendung Kamijoro, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba jembatan yang menghubungkan Kabupaten Kulonprogo dan Bantul di Bendung Kamijoro, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Guideku.com - Selasa (31/12/2019), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Indonesia itu menyebut bahwa adanya bendungan tersebut dapat mendukung aktivitas masyarakat dalam pertanian di dua wilayah berbeda.

"Bendung yang dibangun di atas aliran sungai Progo ini sangat penting untuk memberikan ketahanan pangan dan mendukung aktivitas masyarakat secara berkesinambungan dalam pertanian," kata Jokowi, seperti dikutip dari SuaraJogja.id.

Tak sendirian, Jokowi didampingi pula oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X, Bupati Bantul Suharsono, Bupati Kulon Progo Sutedjo, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, saat meresmikan bendung yang terletak di perbatasan Kabupaten Bantul dan Kulon Progo itu.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro, Warga Bantul dan Kulon Progo Rebutan Kaus

Jokowi melanjutkan, sebagai bendung yang penting bagi masyarakat, nantinya Kamijoro bakal mengairi 2.370 hektar sawah yang ada di sekitarnya.

"Lahan sawah seluas 2.370 hektar di Bantul bakal dialiri air dari bendungan ini. Nantinya intensitas tanam akan meningkat dari 205 persen menjadi 270 persen," katanya.

Proyek pemerintah senilai Rp229 miliar ini tak hanya bermanfaat untuk bidang pertanian. Bendung Kamijoro juga menjadi destinasi wisata yang indah di perbatasan dua kabupaten berbeda.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro, Warga Kulon Progo Terharu

"Tadi saya lihat, Bendung Kamijoro ini ada taman bermain, ada plasa terbuka. Sudah kita ketahui bahwa bendung ini menjadi tempat wisata," ujar dia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi keterangan kepada wartawan usai meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi keterangan kepada wartawan usai meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Mantan wali kota Solo itu juga menyinggung, jembatan yang menghubungkan Bantul dan Kulon Progo ini dapat memangkas waktu perjalanan masyarakat.

"Ini bisa irit waktu, bisa lebih cepat dengan memangkas jarak sebanyak lima kilometer. Jadi harapannya masyarakat bisa memanfaatkan bendungan ini dan bisa menyejahterakan warga sekitar," tutur Jokowi.

Baca Juga: 7 Fakta Bendung Kamijoro yang Diresmikan Jokowi, Tamannya Instagenic Banget

Terpisah, Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa pihaknya bakal membangun prasarana air baku untuk dimanfaatkan kedua kabupaten, termasuk untuk Yogyakarta International Airport (YIA).

"Prasarana air baku juga sedang kami bangun. Kami telah membuat water treatment-nya. Sebanyak 470 liter per detik untuk kabupaten Kulon Progo. Sementara untuk Bantul 25 liter per detik," katanya.

Peresmian Bendung Kamijoro ditunjukkan dengan dibunyikannya sirene oleh Jokowi. Ia juga menandatangani prasasti Bendung Kamijoro. Usai meresmikan, Jokowi mencoba berjalan melintasi jembatan yang menghubungkan dua kabupaten itu.

Paspampres memikul sejumlah bingkisan yang akan dibagikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada warga seusai meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)
Paspampres memikul sejumlah bingkisan yang akan dibagikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada warga seusai meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo, Selasa (31/12/2019). - (SUARA/Baktora)

Dia juga tampak membagi-bagikan sejumlah bingkisan di kawasan Pajangan, Bantul, di mana warga setempat sudah menunggunya sejak lama.

Jokowi dijadwalkan kembali ke Gedung Agung sesuasi peresmian Bendung Kamijoro dan dipredikasi bakal menghabiskan akhir tahun 2019 di Yogyakarta.

SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak