Rabu, 23 Juni 2021

Kena Serangan Belalang, Pesawat Ini Gagal Mendarat dan Dialihkan

Serbuan belalang tersebut sukses membuat pilot kehilangan jarak pandang.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Belalang (Pixabay/DanielWanke)
Ilustrasi Belalang (Pixabay/DanielWanke)

Guideku.com - Sebuah insiden mengerikan bak film baru-baru ini terjadi pada maskapai Ethiopian Airlines dalam penerbangan dari Djibouti ke Dire Dawa.

Bagaimana tidak, pesawat Ethiopian Airlines tersebut mengalami serangan belalang hingga tak bisa mendarat.

Dihimpun dari laman BBC, pilot pada penerbangan tersebut tadinya sudah hendak mendarat di bandara Dire Dawa.

Namun, sekumpulan belalang mendadak saja menabrak hidung, mesin, dan kaca depan pesawat. Pilot pun awalnya mencoba untuk menyingkirkan belalang ini dengan menggunakan pembersih kaca.

Sayangnya, usaha pilot ini gagal. Pada akhirnya, pesawat tersebut terpaksa dialihkan ke bandara di Addis Ababa yang berjarak 30 menit perjalanan.

Pesawat Ethiopian Airlines Diserang Belalang (facebook.com/Aeronews)
Pesawat Ethiopian Airlines Diserang Belalang (facebook.com/Aeronews)

Akibat serangan belalang tersebut, badan pesawat pun terlihat dikotori belalang yang mati tertabrak sementara kaca depan tampak buram.

Sebelumnya, penerbangan Ethiopian Airlines ET363 ini juga sudah mengalami serangan belalang dalam jumlah kecil. Namun, saat akan mendarat, sekumpulan belalang dalam jumlah besar kembali menghalangi akses ke landas pacu.

Dilaporkan, daerah Afrika Timur sendiri kini memang tengah mengalami serangan belalang terparah dalam 25 tahun terakhir.

Serangan ini dapat berupa kumpulan belalang yang besarnya mencapai 1 km2 hingga ratusan km2. Sementara, jumlah belalang per km2 mencapai paling tidak 40 juta.

Terkait

Terkini