Sabtu, 27 Februari 2021

Unggah Foto Borobudur, Instagram Kemenparekraf Panen Sindiran Warganet

Warganet menilai ada yang aneh dalam penampakan foto Borobudur di akun Instagram resmi Kemenparekraf.

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Borobudur (Pixabay/EHIB)
Ilustrasi Borobudur (Pixabay/EHIB)

Guideku.com - Panorama Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia memang terkenal memukau.

Belum lagi, lokasi Candi Borobudur yang dikelilingi oleh gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing membuatnya makin indah.

Meski begitu, baru-baru ini foto keindahan Borobudur yang diabadikan oleh seorang fotografer asing dan diunggah ulang akun Kemenparekraf malah memicu sindiran.

Bukan karena kurang menawan, foto Candi Borobudur yang diunggah di akun @indtravel tersebut dirasa aneh dan diedit terlalu berlebihan.

Pasalnya, dalam foto tersebut, terlihat jelas jika ada sebuah gunung lancip nan ramping yang menjulang di latar belakang.

Foto Candi Borobudur Unggahan Kemenparekraf yang Menjadi Perdebatan (instagram.com/indtravel)
Foto Candi Borobudur Unggahan Kemenparekraf yang Menjadi Perdebatan (instagram.com/indtravel)

"Saksikan pemandangan menakjubkan Candi Borobudur dari atas langit: candi Buddha terbesar di dunia. @jerre_stead menerbangkan drone tinggi di atas Borobudur untuk memotret gambar ini, yang menunjukkan perspektif unik Borobudur dan dan pegunungan di sekitarnya yang jarang terlihat sebelumnya," tulis akun @indtravel dalam bahasa Inggris.

Melihat unggahan akun @indtravel tersebut, banyak warganet yang merasa kecewa. Mereka pun menyayangkan bahwa akun resmi Kemenparekraf malah mengunggah foto yang dirasa tidak menggambarkan kondisi sebenarnya.

"Gunung apaan tuh lanciiip banget haha," sindir warganet.

"Keren. Tapi fake banget gunungnya jadi kerempeng gitu."

"Please-lah, mana ada di Borobudur seperti ini, jangan membohongi publik, tidak ada view gunung seperti itu dari Borobudur."

"Kalau mau repost ya jangan asal please, kan jadi misleading. Apalagi buat orang yang belum pernah ke sana, pasti mikirnya bakal lihat pemandangan se-wah itu," saran warganet lainnya.

Bagaimana menurutmu soal foto Candi Borobudur dengan pemandangan gunung yang tengah viral ini?

Terkait

Terkini