Geger Penumpang Terduga Virus Corona, Begini Penjelasan Lengkap Lion Air

Berikut penjelasan layanan penerbangan JT-524 dan penanganan empat penumpang Lion Air rute Soekarno-Hatta ke Banjarmasin.

Rima Sekarani Imamun Nissa
Selasa, 11 Februari 2020 | 15:09 WIB
Ilustrasi penyebaran virus corona. (Pixabay/Gerd Altmann)

Ilustrasi penyebaran virus corona. (Pixabay/Gerd Altmann)

Guideku.com - Penyebaran wabah virus corona masih mendapatkan perhatian yang sangat besar dari berbagai pihak. Maskapai penerbangan pun dituntut waspada terhadap kondisi para penumpang.

Baru-baru ini, berkembang informasi terkait penumpang pesawat Lion Air yang terindikasi virus corona, yakni empat orang dalam penerbangan JT-524.

Dalam rilisnya kepada media massa, Senin (10/2/2020) kemarin, Lion Air menerima keterangan bahwa setelah dilakukan pemeriksaan serta pengecekan secara intensif oleh pihak terkait, yakni tim medis beserta tim Kantor Kesehatan Pelabuhan/ KKP Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor, keempat penumpang tersebut dinyatakan negatif atau tidak terindikasi atau tidak memiliki tanda-tanda virus corona.

Baca Juga: Derita Virus Corona, Pasien Rumah Sakit di Wuhan Malah Diberi Sup Kura-Kura

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group pun memberikan penjelasan bahwa layanan penerbangan domestik bernomor JT-524 pada Sabtu (8/2/2020) kemarin dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten tujuan Banjarmasin melalui Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ) telah dioperasikan sesuai standar prosedur.

Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LOH berangkat pada 13.20 WIB (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) dan mendarat di Syamsudin Noor pukul 15.20 WITA (Waktu Indonesia Tengah, GMT+ 08). Dalam penerbangan ini, Lion Air diketahui membawa tujuh awak pesawat dan 148 tamu atau penumpang.

Ilustrasi Penumpang Pesawat Wanita (Pexels/Tim Gouw)
Ilustrasi Penumpang Pesawat Wanita (Pexels/Tim Gouw)

Pihak Lion Air menyatakan penerbangan JT-524 sudah dipersiapkan dengan baik. Sebelum keberangkatan, seluruh kru menjalani pemeriksaan kesehatan berdasarkan ketentuan.

Baca Juga: Miris! Usai Santap Hot Pot, 9 Anggota Keluarga Ini Terinfeksi Virus Corona

Upaya pemeriksaan pun dilakukan setelah kedatangan. Hasil pengecekan suhu oleh KKP menunjukkan di bawah 38 derajat dan tidak ada gejala klinis yang menunjukkan sakit.

Keempat penumpang dimaksud dinyatakan sehat atau negatif virus corona. Oleh karenanya, Dinas Kesehatan setempat tetap melakukan pemantauan (monitoring).

Lion Air pun menegaskan pihaknya patuh dan menjalankan segala ketentuan operasional dengan tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Baca Juga: Viral Cireng Dimasak Pakai Minyak Jelantah, Netizen: Virus Corona Left Chat

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak