Kamis, 02 April 2020

Terdampar di Laut, Kapal Pesiar Ini Ditolak Berlabuh karena Virus Corona

Total, sudah ada lima negara yang menolak kapal pesiar ini untuk berlabuh.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Guideku.com - Beberapa waktu lalu, kabar mengenai kapal pesiar di Jepang yang dikarantina karena ada penumpang terjangkit virus corona ramai dibicarakan di jagat maya.

Namun, kapal pesiar yang diketahui bernama Diamond Princess tersebut bukanlah satu-satunya yang mengalami nasib malang.

Terbaru, sebuah kapal pesiar bernama Holland America Line Westerdam dikabarkan terdampar di lautan lepas. Penyebabnya, kapal ini dilarang berlabuh karena ketakutan terhadap virus corona.

Dilansir dari laman Time, kapal berpenumpang 2.000 orang tersebut ternyata sudah ditolak berlabuh di Jepang, Guam, Filipina, dan Taiwan.

Padahal, sejauh ini belum ada penumpang di atas kapal pesiar Holland America Line Westerdam yang dinyatakan positif virus corona. Perwakilan kapal pesiar bahkan sudah membuat pernyataan jika kapal mereka tidak sedang dalam karantina.

Penumpang di Kapal Pesiar yang Ditolak Berlabuh (twitter.com/Mountain_AJ)
Penumpang di Kapal Pesiar yang Ditolak Berlabuh (twitter.com/Mountain_AJ)

Setelah ditolak di 4 negara tadi, kapal pesiar Westerdam pun mencoba untuk masuk ke Thailand. Pada Senin (10/2/2020) lalu, kapten kapal mengumumkan bahwa mereka akan berlabuh di Bangkok pada Kamis (13/02/2020) nanti.

Namun, kabar terbaru menyatakan bahwa Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnverakul telah menolak kapal tersebut untuk berlabuh. Sebagai gantinya, Thailand siap memberikan bantuan seperti bahan bakar dan pasokan makanan.

"Kami tahu jika ini membingungkan untuk para penumpang dan keluarga mereka, dan kami mengapresiasi kesabaran mereka," ujar perusahaan Holland America Line Westerdam.

Selain mencari tempat untuk berlabuh, kapal pesiar Westerdam juga sudah menjanjikan bahwa uang para penumpang akan 100% dikembalikan. Sementara, rencana perjalanan lainnya telah dibatalkan.

Di sisi lain, para penumpang yang terjebak juga terlihat membagikan pengalaman mereka di media sosial. Meski frustrasi, penumpang juga terlihat berterima kasih pada awak kapal yang berusaha optimis di tengah situasi tersebut.

Hingga kini, kelanjutan nasib kapal pesiar Holland America Line Westerdam masih belum diketahui.

Terkait

Terkini