Travel

Merapi Garden Cangkringan, Alternatif Wisata Ramah Anak Baru di Sleman

Selain lava tour, kini hadir Merapi Garden Cangkringan yang cocok untuk Anda sambangi bersama keluarga.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Arendya Nariswari

Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)
Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)

Guideku.com - Tak hanya lava tour, Cangkringan kini memiliki destinasi wisata baru di Sleman untuk keluarga dengan tetap menawarkan lanskap panorama alam pegunungan nan memikat. Inilah Merapi Garden Cangkringan!

Berlokasi di Desa Umbulharjo, Merapi Garden Cangkringan ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan khususnya anak-anak.

Merapi Garden Cangkringan sendiri telah diresmikan secara soft launching pada 23 Desember 2019 lalu. Kendati terbilang masih baru, rupanya Merapi Garden Cangkringan ini sudah ramai dikunjungi warga lokal hingga wisatawan.

Terbukti, ketika Guideku.com bersama Dinas Pariwisata Sleman berkunjung, wahana bermain air di Merapi Garden Cangkringan ini sedang disambangi oleh sejumlah wisatawan.

Meskipun cuaca pagi itu sedikit mendung, suasana Merapi Garden Cangkrngan ini tetap menarik untuk disambangi, begitu teduh dan menenangkan.

Water Park Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)
Water Park Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)

Menariknya lagi, Merapi Garden Cangkringan ini dibangun secara swadaya oleh warga sekitar.

"Jadi modal dikumpulkan oleh warga, patungan awalnya, lalu sekarang pemasukan sudah berasal dari penjualan tiket. Kami kelola sendiri secara mandiri, tanpa adanya campur tangan dengan investor luar," sebut Subagio Hadi selaku Dukuh Pangukrejo, Cangkringan.

Ir. Suparmono, MM, selaku Camat Kecamatan Cangkringan juga turut hadir pada Kamis (20/2/2020). Beliau berharap, Merapi Garden Cangkringan nantinya bisa jadi alternatif pilihan lain ketika wisatawan berkunjung ke Cangkringan.

Ir. Suparmono MM, Camat Kecamatan Cangkringan. (Guideku/Arendya)
Ir. Suparmono MM, Camat Kecamatan Cangkringan. (Guideku/Arendya)

Berlokasi kurang lebih 30 kilometer dari Kota Yogyakarta, Merapi Garden Cangkringan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang anak hingga taman hias nan cantik serta Instagramable.

"Lava tour, permainan mobil jeep kan sementara ini mungkin hanya bisa dinikmati oleh wisatawan kalangan remaja hingga dewasa. Jadi kami terinspirasi untuk mencoba membuat wisata baru Merapi Garden Cangkringan, bisa juga jadi alternatif keluarga yang lebih ramah anak," imbuh Purnomo Widiyanto, pengelola Merapi Garden Cangkringan.

Tiket masuk Merapi Garden Cangkringan sendiri dibanderol seharga Rp 10.000 per orang.

Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)
Merapi Garden Cangkringan. (Guideku/Arendya)

Rencananya, Merapi Garden Cangkringan ini akan dilengkapi dengan berbagai tambahan wahana dan fasilitas, mulai dari kolam renang untuk orang dewasa, taman lampion hingga warung kopi.

Bagaimana travelers? Sudah siap menjadikan Merapi Garden Cangkringan ini sebagai bucket list liburan Anda di Yogyakarta selanjutnya?

Berita Terkait

Berita Terkini