Selasa, 07 April 2020

Banjir Datang saat Susur Sungai Sempor, Ratusan Siswa SMPN 1 Turi Hanyut

Banjir tiba-tiba menerjang dan menghanyutkan para siswa SMPN 1 Turi peserta kegiatan Pramuka susur sungai.

Rima Sekarani Imamun Nissa
cloud_download Baca offline
Ilustrasi banjir. (Unsplash/Kelly Sikkema)
Ilustrasi banjir. (Unsplash/Kelly Sikkema)

Guideku.com - Kegiatan Pramuka Susur Sungai Sempor, Sleman, di kala cuaca buruk, mengakibatkan ratusan siswa SMPN 1 Turi hanyut, Jumat (21/2/2020), sekitar pukul 15:50 WIB.

Berdasarkan informasi sementara yang dihimpun SuaraJogja.id dari warga setempat, sebanyak 257 anak mengikuti kegiatan di Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman itu.

Kegiatan ini kabarnya diikuti para siswa kelas 7 dan 8. Kegiatan diduga dilakukan tanpa mempertimbangkan kondisi cuaca, di mana belakangan sering terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Tak diharapkan, banjir pun tiba-tiba menerjang dan menghanyutkan para siswa.

Hingga kini, korban yang selamat baru 146 orang dan langsung dilarikan ke klinik terdekat. Empat orang dinyatakan meninggal dunia napun baru dua siswa yang sudah teridentifikasi, sedangkan lainnya belum ditemukan.

Kejadian ini sontak menggegerkan warga Yogyakarta, termasuk di media sosial. Insiden ini salah satunya diunggah akun Instagram @merapi_news.

Ilustrasi sungai banjir. (Unsplash/Samara Doole)
Ilustrasi sungai banjir. (Unsplash/Samara Doole)

"Siswa SMP Negeri 1 TURI melakukan susur sungai, padahal sungai dalam keadaan banjir, akibatnya banyak siswa hanyut di lembah Sempor, Dukuh Donokerto, Turi, Sleman."

"Sampai saat ini baru ditemukan 4 orang dan sudah dilarikan ke klinik. Buat yang tetangga atau saudaranya sekolah di SMP Negeri 1 Turi, bisa langsung ke TKP."

Hingga berita ini dinaikkan, tim SAR bersama Polres Sleman dan masyarakat setempat masih melakukan pencarian. (Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Terkait

Terkini