Liburan di Tengah Wabah Corona Covid-19, Hindari Datang Ke Tempat Ini

Penularan virus dengan menghindari tempat-tempat yang berisiko bisa dilakukan lho

Silfa Humairah
Kamis, 12 Maret 2020 | 17:15 WIB
Ilustrasi Liburan. (pixabay.com/DariuszSankowski)

Ilustrasi Liburan. (pixabay.com/DariuszSankowski)

Guideku.com - Penyebaran virus corona Covid-19 cukup cepat ke berbagai negara di dunia, termasuk negara-negara tujuan para wisatawan, seperti China, Singapura, Korea, Jepang, hingga Italia.

Dilema pun datang kepada Anda yang sudah membeli tiket liburan sejak jauh-jauh hari. Haruskah membatalkan perjalanan?

Keputusan ada di tangan travelers. Tapi jika merasa berada dalam kondisi sehat dan fit, boleh saja melanjutkan rencana perjalanan. Dilansir dari CNN, CDC menyebut bahwa risiko penularan virus corona Covid-19 tertinggi berada pada pelancong lanjut usia dan pelancong dengan masalah kesehatan. Jadi, jika Anda tidak termasuk dalam kategori yang disebut CDC, sebenarnya tak perlu khawatir.

Baca Juga: Seluncuran ala Kearifian Lokal, Netizen: Remnya Pakai Kaki Dong!

Masih menurut CDC dari sumber yang sama, yang perlu Anda lakukan saat traveling di tengah wabah virus corona Covid-19 adalah menghindari tempat-tempat yang ramai, serta perjalanan panjang dengan pesawat atau kapal laut. Lebih lengkapnya, ini dia tempat yang sebaiknya tidak Anda datangi ketika traveling di tengah wabah virus corona.

1. Kebun binatang atau pasar hewan

Harimau di kebun binatang. (Unsplash/Nick Karvounis)
Harimau di kebun binatang. (Unsplash/Nick Karvounis)

Sumber virus corona diduga berasal dari sebuah pasar hewan di area Wuhan, China. Meski belum dipastikan keakuratannya, diduga kuat kelelawar dan beberapa hewan lainnya menjadi pembawa virus ini dan kemudian menularkannya kepada manusia.

Baca Juga: Wisata Murah Jogja, Pas Buat Kantong Backpacker Nih!

Dengan pertimbangan di atas, para dokter di dunia mengimbau masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan satwa liar, karena dapat meningkatkan risiko transfer virus atau transmisi patogen. Itu artinya, kebun binatang dan pasar hewan jadi tempat terlarang untuk dikunjungi. Begitu juga dengan konsumsi beberapa satwa liar tertentu dengan tujuan apapun.

2. Kapal pesiar

Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Ingat dengan kasus kapal pesiar Diamond Princess? Pada bulan Februari lalu, kapal pesiar Diamond Princess dikarantina selama dua minggu di Yokohama, Jepang. Lebih dari 700 orang tertular virus corona Covid-19 di atas kapal, termasuk beberapa di antaranya ABK asal Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Buat Beli Donat, Alasan Utang Tipu-tipu Ini Bikin Netizen Meradang

Perjalanan dengan kapal pesiar mengharuskan Anda berada bersama ribuan orang dalam satu kapal yang memiliki ruang tertutup selama beberapa hari.

Sugiyono Saputra, peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, seperti dikutip dari Antara, menyebut juga bahwa faktor kelembapan memungkinkan virus bertahan lebih lama di atas kapal pesiar, serta ditambah tak adanya paparan sinar ultraviolet yang bisa membantu mematikan virus.

3. Tempat ramai seperti pasar, konser, atau pameran

Ilustrasi Konser (Pixabay)
Ilustrasi Konser (Pixabay)

Salah satu pertimbangan Arab Saudi menangguhkan ibadah umrah ke Masjidil Haram adalah untuk mencegah penyebaran virus corona yang kian masif. Virus corona sangat mudah menyebar dan menular dalam kontak yang cukup dekat, bahkan jarak sekitar 2 meter pun sudah cukup untuk membuat Anda terpapar virus ini. Bayangkan kalau Anda berdesak-desakan di antara orang banyak, yang salah satunya mungkin membawa virus corona di dalam tubuhnya. Risiko penularan akan semakin besar.

Jika memang harus mendatangi tempat-tempat ramai ini, pastikan Anda melindungi diri dengan masker yang memadai dan selalu cuci tangan dan jarak dari orang lain. (Vania Rossa)

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak