Rabu, 04 Agustus 2021

Lindungi WNI di Australia dari Perlakuan Rasis, Pria Ini Dijuluki Pahlawan

Tanpa sebab yang jelas, WNI tersebut tiba-tiba diserang dengan kata-kata kasar.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati
cloud_download Baca offline
WNI Terima Perlakuan Rasis di Australia (youtube.com/news alert 2020)
WNI Terima Perlakuan Rasis di Australia (youtube.com/news alert 2020)

Guideku.com - Belakangan, berita mengenai perlakuan rasis makin sering terdengar. Bahkan, seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Australia pun dikabarkan menjadi korban.

Melansir dari laman Nextshark, insiden tersebut diketahui terjadi di sebuah kereta. Sementara, video yang bersangkutan pertama dibagikan lewat media sosial Reddit.

Dalam video berdurasi sekitar 7 menit tersebut, terlihat jika seorang pria berbaju abu-abu dan oranye tengah memaki-maki penumpang perempuan yang duduk di baris belakang.

Di sana, pria ini menuntut agar si perempuan kembali ke Manila dan menyebutnya dengan kata-kata kasar seperti "kotoran anjing".

Melihat aksi rasisme tersebut, seorang penumpang lainnya pun terlihat berusaha menghentikan. Penumpang dengan topi abu-abu tersebut bahkan mencoba memberitahu staf dan menekan tombol darurat.

WNI Terima Perlakuan Rasis di Australia (reddit.com/u/Teerendog)
WNI Terima Perlakuan Rasis di Australia (reddit.com/u/Teerendog)

Namun, hal ini malah membuat si penumpang yang meneriakkan kata-kata rasis makin marah.

Di sisi lain, perempuan yang menjadi korban perlakuan rasis itupun akhirnya menyebut jika dirinya bukan orang Filipina, melainkan warga negara Indonesia.

Sayangnya, hal ini tidak membuat si penyerang berhenti bersikap rasis. Selama beberapa menit, dirinya pun terus meneriaki WNI perempuan di kereta dan juga mengancam penumpang lain yang berusaha menolong.

WNI Terima Perlakuan Rasis di Australia (reddit.com/u/Teerendog)
WNI Terima Perlakuan Rasis di Australia (reddit.com/u/Teerendog)

"Aku akan dengan senang berdiri di sini jika kau tetap mengintimidasi perempuan ini," kata penumpang bertopi abu-abu dalam video sembari melindungi WNI perempuan tersebut. "Apa yang akan kau lakukan? Mengancamku? Tidak berguna, kan?"

Untunglah, pertikaian tersebut tidak bertambah parah. Tepat saat kereta akhirnya berhenti di stasiun, pria yang bersikap rasis itu pun tampak didorong paksa agar keluar dari kereta.

Insiden ini membuat banyak warganet ikut syok dan geram. Di sisi lain, mereka pun memuji keberanian pria bertopi abu-abu dalam melindungi orang asing.

"Ini membuat kecemasanku berulah. Apa yang membuatnya berpikir dia patut melakukan hal seperti itu ke orang lain," tulis salah satu komentar.

"Jika ada yang tahu siapa pria yang menolong ini, beritahu dia aku mencintainya," imbuh yang lain.

"Pria bertopi itu melakukan hal yang tepat dan tidak membuat masalah berlarut-larut," puji warganet lainnya.

Terkait

Terkini