Kisah Mistis Jembatan Merah Gejayan Bikin Deg-Degan, Punya Pengalaman?

Warga Jogja pasti tahu kisah mistis Jembatan Merah Ini.

Silfa Humairah
Minggu, 22 Maret 2020 | 13:05 WIB
Jembatan merah Gejayan. (twitter/@GeronimoFM)

Jembatan merah Gejayan. (twitter/@GeronimoFM)

Guideku.com - Bukan hal baru Yogyakarta menjadi destinasi wisata andalan Indonesia karena kaya akan wisata, budaya dan tradisi. Masyarakat yang masih memegang teguh budaya leluhur serta cukup banyaknya lokasi peninggalan bersejarah membuat kota ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terutama wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh tentang budaya Jawa.

Akan tetapi, meski dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Yogyakarta juga memiliki kisah horor yang cukup viral di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Yogyakarta sendiri. Salah satunya berasal dari Jembatan Merah yang ada di wilayah Prayan, Sleman ini.

Konon, Jembatan Merah tersebut sudah lebih dulu ada daripada jalanan aspal yang membentang di wilayah tersebut. Karena usianya yang sangat tua, maka cukup banyak kisah mistis yang menyelimuti jembatan ini.

Baca Juga: Kelewat Gerah di Rumah Aja, Nenek Ini Punya Cara Ajib Atasi Panas

Penasaran seperti apa kisah mistis dari Jembatan Merah Gejayan ini? Seperti yang dilansir dari laman Suara.com.

1. Suara gamelan

Penabuh gamelan dan pesinden menandakan dimulainya Pre-event TGF di Kota Yogyakarta. Sebagai ilustrasi gamelan [Suara.com/Putu Ayu P]
Ilustrasi gamelan dan pesinden. [Suara.com/Putu Ayu P]

Alat musik gamelan identik dengan budaya Jawa. Meski demikian, gamelan juga sangat identik dengan kedatangan makhluk halus, utamanya jika berbunyi pada tengah malam. Salah satu pengalaman mistis tentang alat musik ini dialami oleh seorang alumnus di salah satu kampus yang ada di Yogyakarta ketika melewati Jembatan Merah Gejaya.

Baca Juga: Masook Pak Eko! Gabut di Cafe Auto Pamer Skill, Netizen: Sampean Ahlinya!

Ketika ia bersama temannya mendekati Jembatan Merah Gejayan, mereka mendengar sayup-sayup suara gamelan. Suara tersebut semakin terdengar jelas tatkala mereka semakin dekat dengan Jembatan Merah. Namun, ketika mereka telah melintasi jembatan tersebut, suara gamelan itu pun perlahan menghilang.

2.Pocong

Kejadian mistis ini pernah terjadi pada pertengahan tahun 2011 silam. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, konon sering kali muncul sosok pocong di atas sisi kiri jembatan. Bahkan pocong itu nggak segan untuk menampakkan dirinya kepada para pejalan kaki yang melewati jembatan tanpa didampingi teman alias sendirian. Hiii, ngeri!

Baca Juga: Anya Geraldine Pamer Paha Mulus di Kolam, Netizen: Kirain Nagita Slavina

3. Kuntilanak

Selain pocong, sosok kuntilanak juga diketahui kerap muncul di jembatan sepanjang 15 meter ini. Kemunculannya pun terbilang random. Meski belum ada saksi yang menyatakan kalau pernah melihat secara langsung sosok mba kunti, namun warga setempat yakin jika sosok ini kerap mengganggu para pengendara.

Nah, menurut kepercayaan setempat, kalau ada orang yang penasaran pengen bertemu dengan mba kunti, katanya kamu bisa memancing keluar mba kunti dengan cara menghisap rokok kemenyan saat tengah malam ketika melintasi Jembatan Merah Gejayan.

4. Mayat dan bau anyir

Mitos mengerikan yang terakhir tentang jembatan ini adalah adanya penampakan sesosok mayat yang muncul di geladak jembatan. Biasanya bersamaan dengan munculnya mayat, akan tercium aroma bau anyir yang menusuk.

Kisah ini sering banget diceritakan dari mulut ke mulut sehingga para pelintas jalan akan berusaha untuk menghindari kemunculan mayat dari geladak tersebut.

Itu dia kisah mistis yang menyelimuti Jembatan Merah Gejayan. Dewasa ini, jembatan ini sudah ditutup lantaran usianya yang sudah tua serta cukup banyak lubang yang tentunya bisa membahayakan keselamatan para pelintas.

Lubang yang terparah berada di sisi barat jembatan. Lubang ini disebabkan oleh permukaan jalan yang semakin menipis akibat terkena air hujan.

Namun tentu pertanyaan benarkah cerita-cerita tersebut, mungkin bisa travelers buktikan sendiri jika mengunjuni Sleman, Yogyakarta, dan tanya-tanya warga sekita apakah ada yang pernah mengalami kejadian mistis saat melintasi Jembatan Merah Gejayan ini?

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak