Atasi Takut Naik Pesawat Lewat Tips Pilot Senior Ini

Pilot senior membantu orang-orang yang takut naik pesawat terbang.

Silfa Humairah
Minggu, 22 Maret 2020 | 21:00 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat. (Pexels/Jule)

Ilustrasi penumpang pesawat. (Pexels/Jule)

Guideku.com - Phobia ketinggin menjadi ketakutan yang dialami banyak orang. Hal tersebut pun membuat banyak yang takut naik pesawat. Apalagi jika Anda memiliki kenanganan buruk tentang pesawat terbang.

Meski begitu, bepergian dengan pesawat tidak bisa dihindari oleh sebagian orang. Pekerjaan yang menuntut perjalanan lewat udara mengharuskan Anda untuk naik pesawat meskipun takut.

Nah, pilot senior dari maskapai British Airways, Kapten Steve Allright dan timnya mengadakan kursus dasar-dasar penerbangan untuk membantu orang-orang yang takut naik pesawat terbang. Para peserta juga diajak untuk melakukan penerbangan singkat ke Bournemouth, Inggris di akhir kursus.

Baca Juga: Pantai Pandawa Bali Ditutup Sementara Karena Covid-19, Intip Keindahannya

Berikut beberapa tips dari British Airways berikut agar Anda tak takut lagi naik pesawat terbang, seperti dikutip dari Popular-world.com.

1. Tanamkan rasa percaya pada pilot

Saat terbang, kendali seutuhnya berada di tangan pilot. Mungkin sedikit sulit untuk memahami bagaimana orang menikmati terbang ketika rasa takut mengambil alih. Tapi perlu diketahui seorang pilot benar-benar memiliki semangat kuat untuk pekerjaan mereka dan telah melalui proses seleksi yang ketat. Setidaknya program pelatihan dua tahun untuk sampai ke tempat mereka berada.

Baca Juga: Self Quarantine Mancing di Belakang Rumah, Fadli Zon Dinyinyiri Netizen

Ilustrasi pilot dalam kokpit. (Shutterstock)
Ilustrasi pilot dalam kokpit. (Shutterstock)

2. Pahami konsep turbulensi

Turbulensi jadi hal yang tak asing lagi di dunia penerbangan. Mungkin tidak nyaman tapi ini tidak selalu berbahaya. Kapten Allright juga menjelaskan kondisi pesawat yang terbang sudah siap dengan segala kondisi saat turbulensi.

3. Kontrol pikiran negatif

Baca Juga: Istri Ganindra Bimo Positif Corona, Intip Kembali Liburan Andrea Dian

Selalu ada saja pikiran negatif soal terbang, apakah sayapnya patah atau mesinnya mati. Tapi apapun pikiran negatifnya, selalu bayangkan akhir yang bahagia di mana Anda turun dari pesawat dengan aman. Mentalitas positif ini akan membantu mengurangi kecemasan dan membuat Anda tetap tenang dalam penerbangan.

Ilustrasi pramugari. (Shutterstock)
Ilustrasi pramugari. (Shutterstock)

4. Atur pernapasan

Saat panik seseorang cenderung bernapas tak tak teratur. Anda perlu memperhatikan pernapasan Anda dan mengendalikannya. Jika Anda merasa cemas saat tengah lepas landas, Anda bisa tarik napas selama empat detik dan buang napas selama empat detik.

5. Komunikasi dengan awak kabin

Awak kabin ada tak hanya untuk menyajikan makanan atau minuman yang Anda inginkan, mereka juga bisa Anda ajak bicara untuk membuat Anda merasa tetap aman dan tenang.

Anda juga bisa beri tahu mereka bahwa Anda mengalami fobia penerbangan. Anda tak perlu takut untuk bertanya jika khawatir tentang apapun yang terjadi. Penting juga untuk diingat meski ada suara bukan berarti suatu hal buruk tengah terjadi.

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak