Selasa, 07 Juli 2020

Atasi Takut Naik Pesawat Lewat Tips Pilot Senior Ini

Pilot senior membantu orang-orang yang takut naik pesawat terbang.

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi penumpang pesawat. (Pexels/Jule)
Ilustrasi penumpang pesawat. (Pexels/Jule)

Guideku.com - Phobia ketinggin menjadi ketakutan yang dialami banyak orang. Hal tersebut pun membuat banyak yang takut naik pesawat. Apalagi jika Anda memiliki kenanganan buruk tentang pesawat terbang.

Meski begitu, bepergian dengan pesawat tidak bisa dihindari oleh sebagian orang. Pekerjaan yang menuntut perjalanan lewat udara mengharuskan Anda untuk naik pesawat meskipun takut.

Nah, pilot senior dari maskapai British Airways, Kapten Steve Allright dan timnya mengadakan kursus dasar-dasar penerbangan untuk membantu orang-orang yang takut naik pesawat terbang. Para peserta juga diajak untuk melakukan penerbangan singkat ke Bournemouth, Inggris di akhir kursus.

Berikut beberapa tips dari British Airways berikut agar Anda tak takut lagi naik pesawat terbang, seperti dikutip dari Popular-world.com.

1. Tanamkan rasa percaya pada pilot

Saat terbang, kendali seutuhnya berada di tangan pilot. Mungkin sedikit sulit untuk memahami bagaimana orang menikmati terbang ketika rasa takut mengambil alih. Tapi perlu diketahui seorang pilot benar-benar memiliki semangat kuat untuk pekerjaan mereka dan telah melalui proses seleksi yang ketat. Setidaknya program pelatihan dua tahun untuk sampai ke tempat mereka berada.

Ilustrasi pilot dalam kokpit. (Shutterstock)
Ilustrasi pilot dalam kokpit. (Shutterstock)

2. Pahami konsep turbulensi

Turbulensi jadi hal yang tak asing lagi di dunia penerbangan. Mungkin tidak nyaman tapi ini tidak selalu berbahaya. Kapten Allright juga menjelaskan kondisi pesawat yang terbang sudah siap dengan segala kondisi saat turbulensi.

3. Kontrol pikiran negatif

Selalu ada saja pikiran negatif soal terbang, apakah sayapnya patah atau mesinnya mati. Tapi apapun pikiran negatifnya, selalu bayangkan akhir yang bahagia di mana Anda turun dari pesawat dengan aman. Mentalitas positif ini akan membantu mengurangi kecemasan dan membuat Anda tetap tenang dalam penerbangan.

Ilustrasi pramugari. (Shutterstock)
Ilustrasi pramugari. (Shutterstock)

4. Atur pernapasan

Saat panik seseorang cenderung bernapas tak tak teratur. Anda perlu memperhatikan pernapasan Anda dan mengendalikannya. Jika Anda merasa cemas saat tengah lepas landas, Anda bisa tarik napas selama empat detik dan buang napas selama empat detik.

5. Komunikasi dengan awak kabin

Awak kabin ada tak hanya untuk menyajikan makanan atau minuman yang Anda inginkan, mereka juga bisa Anda ajak bicara untuk membuat Anda merasa tetap aman dan tenang.

Anda juga bisa beri tahu mereka bahwa Anda mengalami fobia penerbangan. Anda tak perlu takut untuk bertanya jika khawatir tentang apapun yang terjadi. Penting juga untuk diingat meski ada suara bukan berarti suatu hal buruk tengah terjadi.

Terkait

Terkini