Rabu, 27 Mei 2020

Bukan Cuma Parangtritis, 4 Rekomendasi Wisata Pantai nan Syahdu di Bantul

Berikut deretan pantai indah di Bantul, Yogyakarta.

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi turis wanita berfoto di tepi pantai. (Pixabay/sasint)
Ilustrasi turis wanita berfoto di tepi pantai. (Pixabay/sasint)

Guideku.com - Berlibur ke Yogyakarta, rasa-rasanya memang kurang lengkap jika Anda belum menyambangi wisata pantainya yang begitu indah.

Saat sore hari, banyak penikmat senja yang berburu panorama matahari tenggelam dengan bergegas mengunjungi tepi pantai.

Salah satu spot favorit dari warga lokal dan wisatawan ialah Pantai Parangtritis di Bantul. Tetapi sebenarnya, bukan cuma Pantai Parangtritis yang memiliki pesona luar biasa menakjubkan.

Deretan pantai di kawasan Bantul sendiri juga punya banyak keistimewaan lho. Berikut sejumlah daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara. (Instagram/@rahmimahayunsari)
Pantai Goa Cemara. (Instagram/@rahmimahayunsari)

Pantai sangat identik dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi di bagian tepiannya. Tapi lain halnya dengan yang ada di Pantai Goa Cemara. Pantai ini begitu teduh karena di tumbuhi oleh pohon-pohon cemara yang menjulang tinggi.

Wisatawan juga mencoba sejumlah aktivitas liburan menarik seperti berkemah, naik ATV sampai dengan keliling pantai mengendarai kuda. Berlokasi di Desa Gadingsari, jika ingin menikmati indahnya Pantai Goa Cemara ini Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 10 ribu.

2. Pantai Depok

Pantai Depok. (Instagram/@betazudia)
Pantai Depok. (Instagram/@betazudia)

Lokasinya tak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis. Namun, pantai ini begitu populer dengan aneka masakan seafoodnya yang segar dan murah meriah.

Beberapa warung makan seafood di Pantai Depok sendiri lokasinya langsung menghadap ke pantai. Jadi Anda bisa menikmati seafood sembari melihat indahnya sunset di Pantai Depok dari kejauhan.

Berlokasi di Kecamatan kretek, tiket masuk ke Pantai Depok ini sendiri dibanderol sebesar Rp 10 ribu per orang.

3. Pantai Samas

Pantai Samas. (Instagram/@vinafleta)
Pantai Samas. (Instagram/@vinafleta)

Unik dan tak biasa, Anda bisa menjumpai sebuah jembatan di tengah-tengah Sungai Opak di Pantai Samas ini. Sungai Opak tersebut terletak begitu dekat dengan laut dan hanya dipisahkan oleh pasir pantai saja, lho.

Berkunjung ke Pantai Samas, sejumlah spot Instagramable juga dapat Anda jumpai di sini. Biaya retribusi untuk masuk Pantai Samas sendiri dapat dibeli seharga Rp 10 ribu per orang.

4. Pantai Barchan

Pantai Barachan. (Instagram/@ary_kusnanto)
Pantai Barachan. (Instagram/@ary_kusnanto)

Pantai yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga para wisatawan. Masih begitu asri, banyak warga lokal dan wisatawan yang belum menjamahnya.

Kendati demikian, terdapat fasilitas yang membuat Anda betah bermain di Pantai Barchan ini. Beberapa di antaranya yakni paralayang dan juga ATV.

Sama seperti pantai lain, tiket masuk Pantai Barchan ini sendiri dibanderol seharga Rp 10 ribu per orang.

Nah, itulah 4 rekomendasi pantai keren yang ada di Bantul selain Parangtritis. Selamat berlibur, ya! (Arendya)

Terkait

Terkini