Senin, 25 Mei 2020

100 Kru Kapal USS Theodore Roosevelt AS Terinfeksi Corona saat ke Sini

Evakuasi kru kapal ketika mewabahnya Covid-19 juga pernah dilakukan pada beberapa kapal pesiar di Jepang dan Hong Kong

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Guideku.com - Tidak di darat, udara dan laut, Covid-19 memang bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Para kru kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, USS Theodore Roosevelt kini menjadi salah satu korbannya. Para kru kapal yang merupakan tentara Amerika Serikat itu satu per satu telah tertular virus corona.

Dikabarkan bahwa kapal perang AS USS Theodore Roosevelt itu kini telah berlabuh di Guam. Karena semua kru dikarantina di pelabuhan tersebut, seluruh area dermaga diisolasi dari pendatang.

Akses dermaga akan dibatasi hanya untuk para kru Roosevelt. Tidak ada petugas pangkalan atau personel wilayah yang boleh mengakses dermaga, kata Moldy selaku penjabat Menteri AL.

Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Korban Covid-19 dalam kapal Roosevelt semakin meningkat. Ada lebih dari 100 kru yang dilaporkan positif terinfeksi. Itu berarti korban meningkat 4 kali lipat dalam sehari.

Sebelumnya, 3 kru kapal dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Kemudian terungkap bahwa ternyata ada sekitar 23 kru telah terinfeksi dilansir Guideku.com dari Keepo.me.

Kasus positif Covid-19 tambahan kemudian terungkap, ucap Mike Gilday, Kepala Operasi Angkatan Laut AS.

Penyebaran Covid-19 yang sangat cepat dan tak terkendali itu membuat sang kapten memberi tahu Departemen Pertahanan dan juga meminta bantuan untuk mengkarantina 5000 tentara di dalam kapal. Brett Crozier yang merupakan kapten tersebut menulis surat untuk Pentagon. Suratnya yang terdiri dari empat halaman itu menuliskan bahwa pihak Roosevelt sudah tidak bisa mengatasi penyebaran Covid-19 di dalam kapal yang tidak terkendali.

Kmi tidak (dalam kondisi) berperang. Para kru kami tidak perlu mati untuk ini, tulis Crozier dalam surat, seperti yang dirilis San Francisco Chronicle yang mendapat salinannya.

Penyebaran penyakit ini sedang berlangsung dan semakin cepat. Ada keterbatasan ruang di kapal, tambahnya, sebagaimana diberitakan kembali oleh AFP pada Rabu (01/04/2020).

Disis lain, Angkatan Laut AS tidak mengonfirmasi surat yang juga telah dirilis oleh The New York Times tersebut. Mark Esper selaku Menteri Pertahanan belum ingin mengevakuasi para kru kapal ke darat. Ia menyampaikannya dalam kesempatan wawancara dengan CBS. Evakuasi kru kapal ketika mewabahnya Covid-19 juga pernah dilakukan pada beberapa kapal pesiar di Jepang dan Hong Kong. Esper merasa bahwa langkah tersebut belum diperlukan.

Saya berpikir belum perlu pada titik ini, katanya.

Esper juga mengatakan bahwa segala persediaan termasuk bantuan medis telah disediakan bagi pra kru Roosevelt. Lagipula, para tentara yang berada di kapal induk juga tidak ada yang mengalami sakit parah.

Para kru diduga tertular Coronavirus ketika kapal USS Theodore Roosevelt ini singgah dan berlabuh selama 5 hari di Pelabuhan Da Nang, Vietnam.

Semoga lekas membaik para tentara kapal USS Theodore Roosevelt AS yang terinfeksi. 

Terkait

Terkini