100 Kru Kapal USS Theodore Roosevelt AS Terinfeksi Corona saat ke Sini

Evakuasi kru kapal ketika mewabahnya Covid-19 juga pernah dilakukan pada beberapa kapal pesiar di Jepang dan Hong Kong

Silfa Humairah
Jum'at, 03 April 2020 | 11:00 WIB
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Guideku.com - Tidak di darat, udara dan laut, Covid-19 memang bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Para kru kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, USS Theodore Roosevelt kini menjadi salah satu korbannya. Para kru kapal yang merupakan tentara Amerika Serikat itu satu per satu telah tertular virus corona.

Dikabarkan bahwa kapal perang AS USS Theodore Roosevelt itu kini telah berlabuh di Guam. Karena semua kru dikarantina di pelabuhan tersebut, seluruh area dermaga diisolasi dari pendatang.

Akses dermaga akan dibatasi hanya untuk para kru Roosevelt. Tidak ada petugas pangkalan atau personel wilayah yang boleh mengakses dermaga, kata Moldy selaku penjabat Menteri AL.

Baca Juga: ATM atau Money Changer yang Paling Aman saat di Luar Negeri?

Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)
Ilustrasi Kapal Pesiar. (pixabay.com/susannp4)

Korban Covid-19 dalam kapal Roosevelt semakin meningkat. Ada lebih dari 100 kru yang dilaporkan positif terinfeksi. Itu berarti korban meningkat 4 kali lipat dalam sehari.

Sebelumnya, 3 kru kapal dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Kemudian terungkap bahwa ternyata ada sekitar 23 kru telah terinfeksi dilansir Guideku.com dari Keepo.me.

Kasus positif Covid-19 tambahan kemudian terungkap, ucap Mike Gilday, Kepala Operasi Angkatan Laut AS.

Baca Juga: Ayam Lada Hitam ala Anak Kost, Warganet: Chef Arnold Menangis Micin Semua

Penyebaran Covid-19 yang sangat cepat dan tak terkendali itu membuat sang kapten memberi tahu Departemen Pertahanan dan juga meminta bantuan untuk mengkarantina 5000 tentara di dalam kapal. Brett Crozier yang merupakan kapten tersebut menulis surat untuk Pentagon. Suratnya yang terdiri dari empat halaman itu menuliskan bahwa pihak Roosevelt sudah tidak bisa mengatasi penyebaran Covid-19 di dalam kapal yang tidak terkendali.

Kmi tidak (dalam kondisi) berperang. Para kru kami tidak perlu mati untuk ini, tulis Crozier dalam surat, seperti yang dirilis San Francisco Chronicle yang mendapat salinannya.

Penyebaran penyakit ini sedang berlangsung dan semakin cepat. Ada keterbatasan ruang di kapal, tambahnya, sebagaimana diberitakan kembali oleh AFP pada Rabu (01/04/2020).

Baca Juga: Makan Peyek Sambil Berjemur, Intip Gaya Soimah di Rumah Aja

Disis lain, Angkatan Laut AS tidak mengonfirmasi surat yang juga telah dirilis oleh The New York Times tersebut. Mark Esper selaku Menteri Pertahanan belum ingin mengevakuasi para kru kapal ke darat. Ia menyampaikannya dalam kesempatan wawancara dengan CBS. Evakuasi kru kapal ketika mewabahnya Covid-19 juga pernah dilakukan pada beberapa kapal pesiar di Jepang dan Hong Kong. Esper merasa bahwa langkah tersebut belum diperlukan.

Saya berpikir belum perlu pada titik ini, katanya.

Esper juga mengatakan bahwa segala persediaan termasuk bantuan medis telah disediakan bagi pra kru Roosevelt. Lagipula, para tentara yang berada di kapal induk juga tidak ada yang mengalami sakit parah.

Baca Juga: Jaga Adab! Kebiasaan Turis yang Dibenci Warga Lokal di 5 Negara Ini

Para kru diduga tertular Coronavirus ketika kapal USS Theodore Roosevelt ini singgah dan berlabuh selama 5 hari di Pelabuhan Da Nang, Vietnam.

Semoga lekas membaik para tentara kapal USS Theodore Roosevelt AS yang terinfeksi. 

Berita Terkait TERKINI
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak