Selasa, 15 Juni 2021

Gunung Arjuno Dikenal Angker, Yuk Uji Adrenalin Usai Pandemi

Jalur Purwosari cukup menantang lho karena cerita mistisnya menguji adrenalin dan mental traveller

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Gunung Arjuno. (Instagram/ukiwardoyo)
Gunung Arjuno. (Instagram/ukiwardoyo)

Guideku.com - Anak gunung sudah tidak sabar mulai mendaki, tahan nafsu di rumah aja dulu sampai pandemi virus corona usai. Tapi intip dulu destinasi gunung mana yang akan travellers daki berikutnya.

Kalau ingin mendaki gunung Arjuno, cobalah jalur Purwosari. Jalur ini memang banyak dihindari karena cerita mistisnya tapi menguji adrenalin dan mental traveller lho. 

Dibagikan akun instagram @adventuregaul, Foto dari @bagusbakhtiyar Tidak heran memang, karena hampir setiap pos memiliki minimal satu buah makam dan tempat pemujaan, dan katanya dibeberapa pos banyak silumannya. Tetapi banyaknya candi serta arca peninggalan Singasari dan Majapahit di jalur ini akan memberikan pengalaman yg berbeda dari pendakian gunung yg lainnya. Berani Coba?

Gunung Arjuno di Jawa Timur ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl dikenal masyarakat sebagai gunung yang angker. Tapi, panoramanya bukan main indahnya lho!

Menurut mitos, gunung ini merupakan tempat Moksa-nya Arjuna dan Eyang Semar. Gunung Arjuno ini terkenal dengan Alas Lali Jiwo yang bisa bikin pendaki tersesat.

Lazimnya setiap gunung, pasti ada saja hal mistis yang terkenal darinya. Di Arjuno sendiri ada banyak sekali situs peninggalan kerajaan dari zaman Majapahit jika melalui pendakian via Purwosari. Situs ini berupa arca atau candi yang digunakan sebagai tempat pemujaan (bahkan sejak zaman dahulu). Hal tersebut dapat kamu jumpai sedari awal mendaki hingga puncak Arjuno.

Gunung Arjuno. (Instagram/ukiwardoyo)
Gunung Arjuno. (Instagram/ukiwardoyo)

Jalur Purwosari menawarkan nuansa magis yang bakal travellers lalui sepanjang jalan. Banyak situs yang masih berdiri kokoh dan dijadikan tempat pemujaan dan meditasi, terutama oleh mereka yang beraliran kejawen. Hal inilah yang membuat tempat kekunaan di Arjuno terawat dengan baik.

Cukup memikat bukan? Jadi sudah tidak sabar untuk naik gunung netizen pun ramai berkomentar di akun instagram  @adventuregaul.

"Jangan cuma diliat dari mistisnya, liat dari sejarahnya. Itu bukti kalau pernah ada kehidupan di masa lampau di area tersebut, arca2 itu entah sebagai bentuk penghormatan atau bentuk keindahan di masa lalu. Yang terpenting, siapapun jangan ada yg melakukan tindakan vandalisme terhadap arca2 yg ada, dan hormatin apa yg sudah dibuat oleh para pendahulu," tulis netizen @himarzky.

"Kalo lewat jalur Purwosari.. Disitulah Kesopanan Kalian diuji," tulis netizen lainnya. 

"'Sekarang jalur ini udah rame . Dulu sepi banget padahal hari libur . Malah pernah cuma 1 tenda."

"Aku pernah nginep di petilasan Jawa Dwipa, di situ juga ada sendang putri Wilis. Mandi di sana emang segar sih."

"Minggu depan targetnya ke sana berhubung ada covid_19 blom ada rencana lgi."

"Tolong di jaga ya kawan situs"peninggalan jangan di hancurkan,belajar menghormati mulai dari hal kecil (patung batu)baru menghormati manusia."

Bagaimana tertarik untuk daki gunung Arjuno lewat jalur Purwosari? Tetap jaga adab dan waspada dengan perlengkapan pendakian yang lengkap ya. Semoga pandemi segera berakhir dan bisa daki lagi. 

Terkait

Terkini