Selasa, 19 Januari 2021

Traveling Jadi Gaya Hidup, Bisa Bikin Bahagia atau Merana?

Bagaimana, sudah siap menjadikan traveling sebagai gaya hidup?

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Ilustrasi perempuan hobi traveling. (Pixabay/SplitShire)
Ilustrasi perempuan hobi traveling. (Pixabay/SplitShire)

Guideku.com - Selain pakan dan sandang, liburan juga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang zaman sekarang termasuk untuk orang Indonesia. Asia kini menjadi benua dengan pertumbuhan sektor Travel dan Tourism tercepat dibanding negara-negara lainnya. Dalam riset ini disebutkan Indonesia termasuk salah satu negara dengan pertumbuhan traveler tercepat (7.7%).

Riset global ini dikeluarkan oleh World Travel and Tourism Council tahun 2018 seperti dari keterangan tertulis yang dikirimkan Traveloka. 

Melalui riset tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini semakin menyukai kegiatan berlibur atau traveling.

Bicara tentang liburan, kegiatan traveling bukan sekedar hanya untuk refreshing namun masih banyak dampak positif lainnya yang didapat dari melakukan liburan atau traveling seperti penjabaran berikut:

1. Traveling dapat meningkatkan kesehatan Anda

Traveling akan memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan mental Anda. Berlibur dapat mengurangi tingkat stress atau penat yang membebani di dalam rutinitas sehari-hari. Dengan traveling Anda pasti akan membuat tubuh Anda merasa lebih baik. Bagi sebagian orang, melakukan traveling merupakan obat untuk depresi. Tentu saja, hal ini tidak selalu berlaku untuk semua orang, namun dengan liburan atau traveling Anda akan merasa lebih baik secara fisik maupun psikologis. Maka dapat disimpulkan, manfaat kesehatan dari traveling sangatlah besar.

2. Traveling membuat pandanganmu tentang dunia lebih terbuka

Terbiasa menggunakan bahasa asing dikarenakan traveling dapat meningkatkan kapasitas atau kemampuan kita dalam hal skill berbahasa. Bahkan lebih dari skill berbahasa, dengan traveling Anda dapat lebih mengeksplor diri dan memahami diri lebih dalam lagi, karena saat traveling seringkali terjadi hal yang mungkin di luar dugaan yang memaksa kita untuk dapat lebih berpikir solutif dan kreatif.

Dengan terbiasa dalam menghadapi situasi baru, lingkungan baru, serta bertemu dengan orang baru saat traveling tentunya akan membuat Anda mulai memahami apa yang berada di luar zona nyaman Anda dan bisa lebih mudah beradaptasi dengan keadaan. Hal ini juga tentunya akan menyebabkan pandangan Anda terhadap dunia akan lebih terbuka, dengan kata lain bahwa Anda mulai menyadari sisi lain dari dunia yang selama ini Anda tidak ketahui dikarenakan Anda telah menjelajahi atau mengeksplor dunia secara lebih jauh dengan traveling.

3. Traveling dapat meningkatkan sifat toleransi

Saat traveling tentunya kita mau tidak mau akan bertemu dengan orang baru, hal ini akan memicu kita untuk beradaptasi dengan siapapun kita temui. Dengan berjalannya waktu, Anda akan belajar untuk memahami perspektif baru dari orang lain dan meningkatkan pula jiwa toleransi yang Anda miliki.

4. Traveling menciptakan memori untuk seumur hidup

Melalui traveling Anda dapat menciptakan memori yang akan terkenang seumur hidup. Adanya experience atau pengalaman saat menjalani traveling terlebih bersama orang-orang terdekat akan membuat terciptanya kenangan-kenangan yang memiliki makna tersendiri bagi para travelers, dan tentunya memori bukanlah hal yang berharga dan tak dapat dibeli dengan uang.

Terlebih dari itu, meskipun mayoritas masyarakat Indonesia menyukai kegiatan Travelling namun kendalanya adalah banyak orang yang ingin mendapatkan liburan dengan mengeluarkan biaya minim dan sangat murah, mungkin juga termasuk Anda.

Masalahnya, terkadang Anda bingung untuk menyiasati cara liburan dengan biaya yang terjangkau dan cenderung beranggapan bahwa liburan merupakan hal yang sangat membutuhkan dana yang besar. Berlibur tidak selalu identik dengan pengeluaran yang membengkak.

Selama Anda menyiapkan budget traveling dari jauh-jauh hari dan menerapkan trik atau cara jitu untuk berhemat, acara traveling yang menyenangkan bisa Anda nikmati tanpa perlu tersiksa dikarenakan keterbatasan budget untuk liburan akhir tahun.

Bagaimana, sudah siap menjadikan traveling sebagai gaya hidup?

Terkait

Terkini