Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu, Rasakan Kesejukannya

Geografis kota Batu yang dingin pernah menjadi Swiss-nya orang Belanda di zaman penjajahan

Silfa Humairah
Sabtu, 25 April 2020 | 07:00 WIB
Ilustrasi kesejukan di Kota Batu. (Pixabay/Chardik)

Ilustrasi kesejukan di Kota Batu. (Pixabay/Chardik)

Guideku.com - Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu di Jawa Timur belakangan telah menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal untuk mendatanginya.

Menawarkan nuansa alam yang sejuk, daerah ini memiliki daya tarik wisata yang sangat tinggi. Jadi tak heran jika banyak tempat kuliner menarik wisatawan.

Geografis kota Batu yang dingin pernah menjadi Swiss-nya orang Belanda di zaman penjajahan dulu. Tak heran jika  orang Belanda menjuluki kota Batu dengan 'De Kleine Switzerland', yang artinya Swiss kecil.

Baca Juga: Promo Bukber All You Can Eat Kuliner Timur Tengah di SamaZana Restaurant

Sejuknya Makan di De Kleine, Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu (Suara.com/Dini Afrianti)
Sejuknya Makan di De Kleine, Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu (Suara.com/Dini Afrianti)

Itu juga mengapa salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal diberi nama De Kleine, tempat para pemuda-pemudi sekitaran Batu dan Malang hangout menghabiskan waktu berkumpul dan mengobrol.

Lokasinya yang berada di atas bukit, membuat restoran ini sangat asri dan kerap diselimuti kabut.

Datang ke restoran ini membuat pengunjung merasa menyatu dengan alam. Jadi tidak aneh restoran ini menyajikan tempat makan outdoor yang cukup luas, selayaknya makan di kebun.

Baca Juga: Berbuka di Rarampa Restaurant Manado, Tempat Bukber di Jakarta Selatan

Buat yang datang ke sini mungkin akan menyulitkan mencari lokasi, karena setelah melewati kawasan villa di atas bukit, untuk masuk ke De Kleine harus melewati jalan yang tertutup pepohonan.

Belum lagi jalan yang penuh dengan kerikil menyulitkan perjalanan.  Namun cukup mengikuti jalur kita akan langsung sampai di lokasi, hanya berjarak 50 meter dari jalan kawasan villa.

Makanan rekomendasi

Baca Juga: Hadirkan Kuliner Unik, Royal Ambarrukmo Persembahkan SAMAZANA Restaurant

Sejuknya Makan di De Kleine, Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu (Suara.com/Dini Afrianti)
Sejuknya Makan di De Kleine, Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu (Suara.com/Dini Afrianti)

Sedang berada di dataran Jawa Timur, maka yang diinginkan adalah makanan khas Jawa seperti mie godhog Djawa De Kleine dengan satu porsi dihargai Rp 29 ribu.

Porsinya cukup besar, namun sayang untuk lidah Sunda penyuka maka pedas akan terasa hambar, karenanya disarankan memesan sambal tambahan.

Menu yang dicoba lainnya adalah ayam betutu seharga Rp 30 ribu, yang sudah termasuk nasi. Namun sayang jika diperhatikan ayam betutu ini nampak seperti opor ayam, namun yang berbeda hanya kuahnya yang lebih cair. Tapi untuk rasa kaldu dan bumbu rempah-rempah cukup legit.

Baca Juga: Mahagiri Restaurant, Tempat Makan di Bali dengan Pemandangan Asri

Di sana ada juga beragam makanan kecil seperti tahu De Kleine. Sekilas nampak seperti tahu bulat, ternyata itu adalah olahan tahu dan isinya tidaklah kosong, tapi berisi penuh dengan tahu olahan, untuk satu porsi dihargai Rp 25 ribu.

Rasanya memang cukup hambar namun bumbu sambal matah yang melengkapinya cukup menambah citarasa. Sajian makanan juga beragam dari mulai aneka bakaran dan sayuran, juga menu rebusan.

Minuman rekomendasi

Sejuknya Makan di De Kleine, Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu (Suara.com/Dini Afrianti)
Sejuknya Makan di De Kleine, Restoran Bernuansa Swiss di Kota Batu (Suara.com/Dini Afrianti)

Saat berkunjung suara.com juga tidak ingin melewati berbagai minuman khas seperti wedang uwuh seharga Rp 19 ribu. Isinya adalah aneka rempah dan seperti jeruk nipis, daun salam, dan sereh. Saat meminumnya sangatlah menghangatkan dan menyegarkan nuansa dingin yang menyelimuti.

Tidak juga ingin melewatkan Ronde makanan khas Jawa didalamnya berisi candil dan aneka pelengkap seperti kacang dan kolang kaling. Untuk satu porsi dihargai Rp 19 ribu, berisi 5 buah ronde yang cukup kenyal dan berisi, sehingga bisa direkomendasikan.

Selain minuman khas Jawa, aneka minuman seperti es hingga kopi juga tersedia di De Kleine. Sehingga bisa dikatakan restoran ini memiliki beraneka ragam makanan dan minuman yang cukup lengkap. Belum lagi nuansa menambah semarak suasana kumpul, dengan alunan live musik akustik yang merdu.   

Berita Terkait TERKINI
Bila sudah begitu, tentu perjalanan akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan kebih padat dari biasanya....
travel | 11:15 WIB
KBRI Tokyo juga secara simultan mendukung pelaksanaan Garuda Travel Fair serta mendorong pembukaan penerbangan langsung ...
travel | 11:00 WIB
Vaksinasi hanya sebatas anjuran dan sudah tidak lagi menjadi syarat wajib dalam bepergian naik KA saat mudik Lebaran 202...
travel | 10:59 WIB
Hasil survei mengungkap bahwa 4 dari 5 wisatawan peduli dengan perjalanan yang lebih ramah lingkungan....
travel | 17:09 WIB
Inilah beberapa hal menarik tentang Kamboja yang terlalu sayang dilewatkan....
travel | 13:57 WIB
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Tampilkan lebih banyak