Selasa, 07 Juli 2020

Bersiap Buka Tempat Wisata, Yogyakarta Siap Sambut Era New Normal

Pariwisata akan bangkit dan sedang menyiapkan standar operasional yang harus dipatuhi masyarakat saat liburan di tempat umum.

Silfa Humairah
cloud_download Baca offline
Wisata Yogyakarta Candi Prambanan. (Instagram @sandal_gunung)
Wisata Yogyakarta Candi Prambanan. (Instagram @sandal_gunung)

Guideku.com -  Bersiap Buka Tempat Wisata, Yogyakarta Siap Sambut Era New Normal.

Pandemi sangat berdampak pada kota wisata seperti Yogyakarta. Setelah lama ditutup untuk pemutusan rantai penyebaran virus corona, Pariwisata Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta bersiap membuka tempat wisata dan menyambut kembali kedatangan wisatawan di era 'new normal'.

Pariwisata akan bangkit dan sedang menyiapkan standar operasional yang harus dipatuhi masyarakat saat liburan di tempat umum.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) terkait kegiatan pariwisata di tengah pandemi virus corona.

"Ya seperti yang kita lihat pandemi ini sudah berlangsung cukup lama, tidak selesai-selesai ya tidak mungkin kita mau tutup terus," kata Singgih Raharjo dikutip dari Antara.

Nantinya, kata Singgih, pemuliha pariwisata di Yogyakarta harus menyesuaikan dengan kondisi yang baru dan disesuaikan dengan SOP yang baru.

Menurut Singgih, upaya pemulihan kesiapan pelaku wisata harus dimulai dari sekarang meski masa tanggap darurat Covid-19 baru akan berakhir pada 29 Mei 2020 nanti.

"Siap tidak siap kalau kebijakan muncul kita menyiapkan dari sekarang," kata dia.

Dalam upaya pemulihan pariwisata, Singgih mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) untuk menyiapkan kapasitas SDM pariwisata melalui pelatihan secara daring.

Selain itu, pemerintah daerah DIY juga akan memberikan bantuan sarana prasarana kebersihan di setiap destinasi wisata sesuai protokol kesehatan yang ada seperti fasilitas cuci tangan.

"Kami sedang menyiapkan 240 tempat cuci tangan yang ada di 50 destinasi wisata dan insyaAllah sebelum Mei habis sudah selesai," kata Singgih.

Semoga persiapan pembukan pariwisata di Kota Yogyakarta ini memberikan angin segar untuk kembali menarik wisatawan. 

Terkait

Terkini