Gunung Penangguhan Dibuka Hari Ini, Cocok untuk Pendaki Pemula

Untuk kamu yang belum pernah mendaki Gunung Penanggungan, gunung ini merupakan gunung berapi yang relatif rendah dan cocok untuk pendaki pemula

Silfa Humairah
Minggu, 05 Juli 2020 | 18:30 WIB
Gunung Penangguhan. (Instagram/adenwaluyo27)

Gunung Penangguhan. (Instagram/adenwaluyo27)

Guideku.com - Sudah tidak sabar refreshing ke objek wisata alam, untuk kamu yang suka mendaki, Pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng jadi rekomendasi. Dan gunung ini  dibuka resmi mulai hari ini, Minggu (5/7/2020).

Jangan lupa ikuti mengikuti protokoler kesehatan covid-19, kamu harus membawa masker dan handsanitizer, dan menjalankan ketentuan yang sudah ditetapkan petugas. Penting juga memastikan ketersediaan kuota pendakian sesuai jadwal pendakian yang direncanakan dan jangan memaksakan diri jika kuota sudah penuh.

Kamu juga harus memastikan kembali kondisi tubuh sehat dan bugar saat akan meninggalkan rumah menuju lokasi pendakian gunung.

Baca Juga: Hebat, Susi Pudjiastuti Tetap Siapkan Sarapan untuk Cucu Meski Sedang Sakit

Jika merasakan kondisi tubuh tidak baik, sehat dan bugar seperti batuk, flu, demam dan lainnya, segera lakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan (puskesmas dan rumah sakit) dan tetap berada di rumah Lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dan sesudah berkunjung ke daerah yang terkonfirmasi kasus covid-19.

Info pendakian Gunung Penangguhan. (Instagram/mountnesia)
Info pendakian Gunung Penangguhan. (Instagram/mountnesia)

Untuk kamu yang belum pernah mendaki Gunung Penanggungan, gunung ini merupakan gunung berapi (istirahat) berbentuk kerucut yang terletak di Jawa Timur. Lokasinya berada di dua Kabupaten, yaitu Mojokerto dan Pasuruan. Uniknya, Penanggungan menyimpan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Terbukti banyak ditemukan situs purbakala berupa candi umat agama Hindu.

Selain sebagai kawasan sejarah dan ziarah, gunung berapi ini juga merupakan destinasi pendakian. Karena puncaknya yang relatif lebih rendah daripada gunung lain di sekitarnya, gunung ini cocok untuk dijadikan sarana "pemanasan" atau sekadar berlibur untuk pendaki pemula. Ada sejumlah jalur pendakian yang umum digunakan.

Baca Juga: Penampakannya Bikin Syok, Begini Jadinya Kalau Freezer Kulkas Tak Diurus

Gunung Penanggungan bisa jadi tujuan bagi traveler yang menjadi pendaki pemula. Dengan ketinggian 1.653 mdpl, gunung ini layak jadi medan belajar sebelum mendaki puncak lebih tinggi lainnya.

Tak perlu khawatir atau tersesat, sudah banyak rambu atau petunjuk di setiap jalurnya dan tentunya disarankan membawa perbekalan air secukupnya.

Meskipun tidak terlalu tinggi, sensasi dan pengalaman yang didapatkan tidak akan terlupakan. Jadi untuk pemula menjadi pilihan pendakian yang cukup aman dan menambah pengalaman.

Baca Juga: Check-in di Bandara Changi Singapura Kini Bebas Kontak Fisik

Berita Terkait TERKINI
Sudah beli tiket mudik Lebaran? Simak beberapa tips berburu tiket pesawat murah di bawah ini....
travel | 16:57 WIB
Banyak wisatawan berharap bisa menyaksikan langsung keindahan aurora, termasuk Rachel Vennya....
travel | 07:07 WIB
Mau naik balon udara seperti Fuji ketika liburan di Turki?...
travel | 07:34 WIB
Negara Vietnam belakangan menjadi tujuan liburan yang semakin disukai wisatawan asal Indonesia....
travel | 09:57 WIB
Jelajahi laut dengan mengikuti aturan keselamatan dan keamanaan....
travel | 21:45 WIB
Destinasi wisata sekitaran samosir, pemandangan apik dan warga yang kental dengan budayanya...
travel | 21:07 WIB
Kota Bogor menawarkan berbagai tempat wisata yang sangat cocok untuk dijelajahi selama liburan Natal dan tahun baru bers...
travel | 14:19 WIB
Bandung memang terkenal memiliki udara yang sejuk, menjadi destinasi favorit bagi mereka yang mencari ketenangan sepanja...
travel | 14:10 WIB
Untuk pecinta alam, tigadestinasi wisata di Bogor ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki keindahan ...
travel | 13:59 WIB
Merayakan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, mungkin kamu sedang mencari destinasi wisata yang menarik....
travel | 14:47 WIB
Tampilkan lebih banyak