Senin, 28 September 2020

Duh Parah! Lagi Selfie Turis Ini Tak Sengaja Rusak Patung Berusia 200 Tahun

Teledor saat wisata ke galeri, turis ini malah bikin jari patung bersejarah rusak.

Silfa Humairah | Arendya Nariswari
cloud_download Baca offline
Ilustrasi selfie. (Unsplash/Steve Gale)
Ilustrasi selfie. (Unsplash/Steve Gale)

Guideku.com - Rasa senang yang menggebu-gebu mungkin terasa ketika kita tiba di tempat tujuan berlibur. Namun ada baiknya Anda tetap menahan diri dan mencoba untuk tetap tertib ketika memasuki sejumlah destinasi wisata, terlebih saat selfie

Mengabadikan momen berlibur dengan berfoto selfie memang selalu menyenangkan, namun alangkah lebih baik jika sebagai turis kita tetap melihat situasi dan tidak kemudian lupa diri. 

Namun belakangan, publik lagi-lagi dibuat geram dengan ulah teledor dari salah seorang turis yang berkunjung ke Galeri Borghese di Roma.

Bukan tanpa alasan, ternyata turis ini diklaim teledor ketika sedang selfie, sampai-sampai mematahkan dua hingga tiga jari patung Paolina Bonaparte berusia 200 tahun.

Dikutip Suara.com dari laman People, Kamis (6/8/2020) peristiwa tersebut ternyata terjadi pada tanggal 31 Juli 2020 lalu.

Galeri Borghese di Roma, Italia. (Pixabay/Waldomiguez)
Galeri Borghese di Roma, Italia. (Pixabay/Waldomiguez)

Rusaknya patung bersejarah yang juga sering disebut Venus Victix itu diketahui petugas galeri usai melihat rekaman CCTV.

Sepanjang pandemi COVID-19, pihak pengelola galeri memang mewajibkan pengunjung untuk meninggalkan identitas, demi mempermudah pelacakan virus corona jika mendadak ada kasus positif.

Vittrio Garbi selaku residen Yayasan Antonio Canova akhirnya pada awal Agustus lalu angkat bicara soal peristiwa perusakan patung itu.

Dirinya meminta kepolisian segera mengidentifikasi kasus yang dianggap sebagai aksi vandalisme itu. Sgarbi meminta tolong pihak kepolisian untuk menahan turis Austria tersebut agar tidak dulu kembali ke negaranya dan dikenai sejumlah sanksi.

Rusaknya patung tersebut jika dilihat kembali dari rekaman CCTV, terjadi akibat sang turis berpose terlalu menyender di tubuh benda berusia 200 tahun itu.

Ternyata akibat posisi selfie inilah yang membuat jari patung bersejarah itu mendadak patah.

Akhirnya setelah dihubungi oleh pihak pengelola museum, akhirnya sang istri turis Austria tadi mengakui bahwa suaminya tak sengaja mematahkan jari patung itu akibat lalai.

Bukan kali pertama, tahun 2008 lalu seorang wanita tak sengaja merusak karya seni buatan Salvador Dali dan Fransisco Goya di galeri Yekatenriburg, Rusia. Lagi-lagi insiden ini terjadi karena turis tersebut teledor ketika sedang berselfie.

Terkait

Terkini